Jumat 25 Mei 2018

Polres Jember akan Membina Warga yang Pulang dari Suriah

Oleh Redaksi, PUBLIS

Kapolres Jember bersama Forkopimdan dan tokoh masyarakat saat buka bersama di halaman Mapolres Jember

PUBLIS.ID, JEMBER - Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo saat buka bersama dengan sejumlah tokoh masyarakat, mulai Forkopimda, Ulama, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Baznas Jember mengatakan bila warga yang pulang dari Suriah perlu dilakukan pembinaan guna menangkal faham radikal.

Kita mengajak elemen 3 pilar seperti Babhinkamtibmas, Babinsa dan kepala desa untuk mengaktifkan lagi waktu 1 x 24 jam wajib lapor. Selain itu, kewaspadaan terhadap gerakan radikal dan warga Jember yang baru datang dari Suriah untuk diberi pembinaan," ujar Kusworo Jum'at (25/5/2018) malam.

Kusworo juga mengajak jajaran Lapas Kelas II A Jember untuk mengantisipasi ajaran radikalisme di dalam Lapas. Selain itu, ia juga berharap imigrasi melakukan pencekalan terhadap warga Jember yang akan bepergian maupun kembali dari daerah konflik seperti Suriah.

"Kita juga meminta tolong ke Kemenag Jember dan jajaran Kodim 0824 Jember untuk mensosialisasikan pembinaan kebangsaan ke pesantren - pesantren. Jadi kegiatan buka bersama ini murni untuk ibadah, bukan politik. Alhamdulillah hingga saat ini kondisi Jember kondusif," ungkapnya.

Sementara Ketua Baznas Jember, KH Misbahus Salam mengapresiasi langkah Kapolres Jember mengadakan buka bersama, sebab ini merupakan wujud antara ulama dan umara untuk memikirkan masyarakat. "Jika antara ulama dan umara itu baik, insyaAllah masyarakatnya juga akan baik," ucapnya.

Selain ketua Baznas, KH. Misbah yang juga Wakil Ketua PCNU Jember tersebut juga menilai keterlibatan media massa sangat diperlukan, supaya masyarakat secara luas mengerti dan faham dengan kegiatan ini, sehingga kondisi di tengah masyarakat kian tenang dan kondusif.

"Hal ini sesuai sabda Rosullullah saw yang menyampaikan bahwa kebutuhan masyarakat adalah stabilitas keamanan, kesehatan dan kesejahteraan. Jika tiga point tersebut bisa terlaksana, insyaAllah kemakmuran masyarakat akan tercapai," pungkasnya.

"Dibulan Ramadhan ini momentum yang baik bila kita beramal, berzakat, berinfaq dan bersedekah. Baznas Jember selaku lembaga resmi negara siap bersinergi mendorong para agniya' dan dermawan untuk menunaikan Zakat nya," ungkapnya. (MA).

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga