Rabu 09 Januari 2019

Terungkap, Pembobol Kampus Politeknik Negeri Jember Scuritynya Sendiri

Oleh Redaksi, PUBLIS


PUBLIS.ID, JEMBER - Kampus Politeknik Negeri Jember dibobol maling, sekitar 30-40 juta raib dari laci. Setelah melapor ke Polsek Sumbersari, rupanya pelakunya adalah scurity kampus yang biasa piket malam.

Demikian disampaikan Kapolsek Sumbersari, Kompol Faruk Mustofa saat melakukan pers confrence di Mapolsek Sumbersari, Rabu 9 Januari 2019.

Kata Kompol Faruk, kejadian ini sudah berulang kali. Sepanjang satu tahun ini, sekitar depalan kali. Tuju kali berhasil terungkap dan satu masih dalam proses.

"Pelaku berinisial AR yang tidak lain adalah pegawai polije sendiri sebagai scurity. Modus operandinya ketika piket malam, semula membaca situasi, masuk dan kapan ada uang dilaci langsung diambil," ujar Kompol Faruk.

Masuknya, sambung Faruk, pelaku menggandakan kunci pintuk masuk. Kadang, bila tidak cocok dengan mencongkel jendela menggunakan obeng. Uang yang berhasil dibawa kabur, sekitar 30-40 juta.

Faruk menjelaskan, bila uang hasil curian tersebut, oleh pelaku dibelikan peralatan rumah tangga, berupa almari, tv 31 in, kulkas dan Handphone.

Pencurian ini dilakukan seorang diri, dengan memanfaatkan piket malam saat pelaku melakukan patroli. Begitu situami aman, pelaku menjalankan aksinya.

Kompol Faruk sendiri belum satu Minggu bertugas di Polsek Sumbersari, ketika mendapat laporan dari pihak Polije, dia langsung melakukan olah TKP dua kali dan kemudian melakukan lidik, baik yang di dalam dan yang di luar kampus.

Dari hasil lidik, pelaku mengakui perbuatannya berikut dengan penggunaan uang hasil curiannya, kemudian baru AR ditetapkan sebagai tersangka dengan dikenai Pasal 363 KUHP.

Menurut Faruk, CC TV tidak begitu membantu sebab pelaku sudah mengetahui ada CC TV dan jangkauan area kamera. Dari sana, hanya dapat melihat pelaku sedang mencongkel namun tidak kelihatan wajahnya. (Min/RF).



Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga