Jumat 09 September 2022

Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Inggris

Oleh Redaksi, PUBLIS

Pangeran Charles. Dok. Chris Jackson

PUBLIS.ID, BANDAR LAMPUNG - Ratu Inggris  Elizabeth II, penguasa wanita Inggris paling lama dalam sejarah meninggal dunia di usianya yang ke 96 tahun. Putranya, Pangeran Charles, kini dinobatkan menjadi Raja Inggris menggantikan Elizabeth II.


Dilansir melalui portal media BBC.com, Jumat (9/9/2022), pada saat Ratu Elizabeth II meninggal, takhta langsung diserahkan tanpa upacara kepada pewarisnya yaitu Charles, mantan Pangeran Wales. Meski demikian, nantinya akan ada beberapa tahapan tradisi yang harus di lalui untuk dinobatkan menjadi raja.


Sementara itu Perdana Menteri Inggris, Liz Truss pada Kamis malam sudah mengonfirmasi bahwa Charles kini menjadi raja dengan gelar Charles III.


"Hari ini takhta diwariskan, seperti yang sudah terjadi selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara baru kita, Yang Mulia Raja Charles III," kata Truss dalam pidatonya di London.


Uniknya Truss baru saja ditunjuk sebagai Perdana Menteri Inggris menggantikan Boris Johnson oleh Ratu Elizabeth pada hari Selasa (7/9/2022).


Sebelumnya Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia. Ratu Elizabeth II meninggal dunia dikelilingi oleh keluarganya, seperti Pangeran Charles dan istrinya Camilla, Pangeran William, putra tertua Charles, dan Pangeran Harry, yang melakukan perjalanan ke rumah liburan musim panas ratu di Kastil Balmoral di Skotlandia untuk menemaninya.


"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," tulis akun Twitter Istana Buckingham pada Kamis sore.


Lalu, bagaimana dengan Pangeran William? Meski merupakan pewaris takhta, William tidak otomatis menjadi Pangeran Wales. Namun dia akan mewarisi gelar ayahnya yang lain yaitu Duke of Cornwall dan Kate Middleton akan dikenal sebagai Duchess of Cornwall.


Pewarta: Ammar

Publisher: Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga