Kamis 24 September 2020

Sukseskan PTSL dengan Mensosialisasikannya ke Masyarakat

Oleh Redaksi, PUBLIS

PUBLIS.ID, JEMBER - Informasi tentang pengurusan tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) harus tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Karena itu, perlu sinergi semua pihak, termasuk Kepala Desa di masing-masing desa se-Kabupaten Jember.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief. Kata dia, Sinergi itu bisa melibatkan pemerintahan desa, perangkat kecamatan, pemerintah kabupaten, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Saat hadir dalam acara ulang tahun ke-60 BPN di kantor BPN Jember Jl KH. Shiddiq, Kamis, 24 September 2020, Wabup menegaskan semuanya berperan untuk mensosialisasikan program yang telah ditunggu-tunggu masyarakat itu. Kepada para kades, Wabup berpesan agar memanfaatkan program tersebut sebagai bagian upaya mensejahterakan masyarakat. Terlebih pelayanan pada masa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Jember, Sugeng Muljosantoso, S.H, menyatakan, PTSL yang merupakan program pusat harus tetap berjalan meski dalam kondisi pandemi. “Dengan adanya PTSL ini, sengketa tanah akan diperkecil bahkan tidak ada karena sekarang pengukuran pakai titik koordinat,” terangnya.

Sugeng menjelaskan, pada momen ulang tahun itu juga memberikan penghargaan kepada camat dan lurah/kades. Ini bertujuan memotivasi supaya tahun depan kembali mengikuti PTSL. “Tanpa bantuan camat dan kepala desa, tidak akan berjalan lancar. Maka kami beri penghargaan. Ini dapat menjadi spirit kepada camat dan kepala desa yang lainnya supaya mereka antusias untuk mengikuti program PTSL,” imbuhnya.

Penghargaan itu diberikan setiap hari ulang tahun BPN. Menurutnya, penghargaan itu wajar diberikan ke sejumlah pihak. Sebab, PTSL bisa berjalan juga karena partisipasi masyarakat, terutama kepala desa. Lebih jauh dijelaskan, BPN Jember juga bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember. Ini untuk mendukung PTSL dengan anggaran kepala desa. “Wajar saja kami harus memberi penghargaan terhadap jasanya di bidang pertanahan,” terangnya. (BA)

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga