Rabu 15 Februari 2023

Mengulik Kontribusi dan Kinerja BLU, Dalam Menghadapi Tantangan Perekonomian Global Tahun 2023

Oleh Redaksi, PUBLIS

Dok. DJPb Provinsi Lampung.

PUBLIS.ID, BANDAR LAMPUNG - Mengawali tahun 2023 ini, seluruh pimpinan Badan Layanan Umum (BLU) se-Pulau Sumatera bersinergi. Melalui agenda kegiatan Rapat Koordinasi Regional Badan Layanan Umum Wilayah Sumatera Tahun 2023 dengan tema "BLU Optimis, Layanan Semakin Tumbuh", seluruh BLU se-Sumatera menyatukan Langkah menghadapi tahun 2023 yang penuh tantangan. "di tahun yang penuh tantangan ini, seluruh BLU perlu menyamakan Langkah dan strategi. Sehingga layanan yang diberikan dapat terus dijaga, bahkan ditingkatkan," M. Dody Fachrudin menyampaikan dalam sambutannya kepada seluruh peserta dari 50 (lima puluh) BLU se-sumatera.


Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Dydik Choiroel menyampaikan 'keynotes speech' kepada seluruh pimpinan BLU, dewas BLU dan peserta yang hadir. Dalam pemaparannya Dydik sangat mengapresiasi pertumbuhan BLU di Sumatera yang menurutnya sangat positif. Awalnya di pulau sumatera hanya ada 17 BLU di tahun 2010, kini berkembang hingga 290% menjadi 50 BLU, dengan total omset 7,2 triliun dan aset sebesar 121,02 triliun. "Dari 26 BLU rumpun Pendidikan, 19 BLU rumpun Kesehatan, 3 BLU rumpun Kawasan dan 2 BLU rumpun lainnya di Sumatera, seluruhnya memiliki total penerimaan mencapai 7,2 triliun dan asset mencapai 121,02 triliun. Hal ini tentu perlu dijaga akuntabilitasnya dan kita dorong Bersama untuk dapat dioptimalkan bagi kepentingan masyarakat luas," tegasnya.


Lebih lanjut, Dydik juga menyampaikan bahwa 50 BLU se-Sumatera telah melakukan penilaian maturity rating berbasis pada proses dan output, sehingga dapat digunakan untuk mengindentifikasi improvement area yang dibutuhkan oleh suatu BLU untuk terus berkembang.


Kinerja BLU Se-Sumatera Tahun 2022

Selain pertumbuhan serta dinamikanya yang positif, BLU juga berhasil memberikan kontribusi yang signifikan untuk perekonomian nasional. Untuk itu pada kesempatan ini, izinkan kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat besar atas kinerja seluruh BLU di tahun 2022 lalu, karena di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu, BLU masih mampu menunjukkan kinerja yang sangat positif, diantaranya dari sisi pendapatan BLU yang meningkat diangka Rp7,199  triliun. Angka tersebut berkontibusi sebesar 69,59 % dari total PNBP Wilayah Sumatera sebesar 11,227 triliun.


Sementara itu, dari sisi layanan, BLU juga telah mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ditunjukan dengan kontribusi layanannya, baik berupa layanan dasar pendidkan dan kesehatan maupun layanan lainnya  yang selalu available, affordable, dan tetap sustainable.

Tantangan BLU Tahun 2023

Pada tahun 2023 tantangan yang dihadapi BLU tidaklah mudah. Kondisi ekonomi global dan nasional yang belum membaik seluruhnya, ditambah dengan situasi geopolitik menjelang Pemilihan Umum. Oleh karena itu, seluruh BLU diharapkan mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan guna terus pertumbuhan ekonomi nasional. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh BLU se-Indonesia diantaranya yakni terus berinovasi dan bekerja keras dalam penyediaan layanan yang affordable, aksesable dan sustainable. Selain itu, BLU diharapkan mampu mengembangkan layanan dengan menggunakan creative finance, menjaga link and match dengan kebutuhan industri dan melakukan optimalisasi atas aset BLU. Terakhir, BLU diminta untuk mengintensifkan upaya digitalisasi layanan dengan menggunakan economic sharing, baik e-rekam medis dan Sisrute (Kesehatan), virtual account, dan, marketplace, serta QRIS (QR Code  Indonesian Standar).


Kegiatan Kanwil DJPb Provinsi Lampung ini dilaksanakan secara daring dengan mengundang Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Dydik Choiroel sebagai keynotes speech dan menghadirkan dua narasumber utama yakni Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU Agung Yulanta dan Dewan Pengawas BLU Universitas Brawijaya Sudarso. Kegiatan ini secara umum berjalan dengan baik dan lancer, sesi diskusi yang di pimpin Kepala Kanwil DJPb Provinsi Lampung M.Dody Fachrudin berjalan dengan menarik.

Release  : Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung.
Publiser : Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga