Sabtu 20 Juni 2020

Wisata Religi, Berkunjung ke Makam Syekh Maulana Ishaq di Atas Bukit Pecaron

Oleh Redaksi, PUBLIS

Makam Syekh Maulana Ishaq, Doc: Fahmi/Publis.id

PUBLIS.ID, SITUBONDO - Di Kabupaten Situbondo, terdapat makam yang terletak di atas bukit, dikenal Pacaron, makam Syekh Maulana Ishaq.

Letaknya di Kecamatan Kendit, Desa Klatakan, Dusun Pecaron, berdekatan dengan wisata Pantai Pasir Putih Situbondo.

Bila berkunjung ke makam, harus menaiki tangga yang cukup curam. Bukitnya berada di bibir pantai, sebelah utaranya sudah pantai lepas.

Karcis masuknya hanya Rp. 5000, baik mobil maupun sepeda motor, tidak menghitung jumlah orang melainkan kendaraan.

Kata penjaga makam, Rusli mengatakan, dalam sehari pengunjungnya ratusan, dari berbagai daerah, paling banyak dari Situbondo dan Madura.

"Puncaknya, kalau sudah malam Jum'at manis, pengunjung full, musholla sini sampai penuh dan di luar makam, mereka datang untuk berdoa," ujar Rusli, Sabtu 20 Juni 2020.

Rusli sendiri sudah 2 tahun menjaga makam, ia sambil berjualan menyan dan air ke pengunjung. Airnya oleh pengunjung biasanya didoakan dan dibawa pulang.

Menurut cerita warga, Syekh Maulana Ishaq merupakan adik dari Syekh Maulana Ibrahim yang ahli dalam pengobatan, sejak kedatangannya dari Rusia, sang tabib langsung menuju pulau jawa. (RF)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga