Rabu 24 Juni 2020

Warga Laporkan Kades Waiboga ke Kejaksaan Negeri Kepulauan Sula

Oleh Redaksi, PUBLIS

PUBLIS.ID, SULA - Warga Desa Umaga dan solidaritas Pemuda Progresif Waiboga, Kecamatan Sulah Besih Tengah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Provinsi Maluku Utara (Malut) datangi kantor Kejaksaan Negeri Kepulauan Sula guna melaporkan Kepala Desa Waiboga Hasanudin Tidore terkait dugaan penyelewengan keuangan desa, Salasa 23 Juni 2020.

Warga didampingi oleh kuasa Hukum, Kuswandi Buamona SH,. dan ke kejaksaan bersama ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Muhammad Tidore serta anggotanya, warga Desa Waiboga diwakili M. Kamil Tidore, Ahmad Tidore serta Solidaritas Pemuda Progresif Waiboga dan Umaga.

"Dalam pelaporan ini, terkait Kepala Desa yang diduga terindikasi melakukan penyelewengan keuangan desa tahun anggaran 2017 s/d 2019," ujar Kuswandi selaku kuasa hukum warga.

Sementara itu, Solidaritas Pemuda Progresif Waiboga, Adha Buamona mengatakan, penyelewengan yang dimaksud, sesuai dengan realitas yang ia lihat dan didengarnya serta diketahui oleh warga.

Kata Adha, adanya fakta dan informasi serta kondisi di lapangan, Kepala Desa Waiboga tidak terbuka tentang informasi kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tahun anggaran 2019.

Buktinya, lanjut Adha, papan informasi pembangunan Balai Desa Waiboga tidak sesuai dengan APBDes, tidak adanya sosialisasi APBDes sebagaimana yang diatur dalam aturan perundang-undangan desa, dalam Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa.

"Sehingga warga desa minim informasi tentang hal tersebut bahwa dalam penyusunan dan perubahan APBDes 2017 s/d 2019 tidak pernah memberitahukan kepada BPD," jelas Adha. Ia menduga, ada realisasi fiktif dengan total anggaran Rp 1.491.819.521

Kuswandi menambahkam, berdasarkan hal-hal tersebut selaku kuasa kukum, dirinya meminta kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sula, agar memeriksa Pengelolaan Keuangan Desa Waiboga dan Desa Umaga tahun anggaran 2017 s/d 2019 dan melakukan langkah hukum atau penindakan.

Sementara Kepala Desa Waiboga, saat Publis.id konfirmasi melalui telephone tidak mendapat jawaban, pesan yang kirim pun belum mendapat balasan. (Djamil)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga