Jumat 16 April 2021

Warga di Jember Bangun Musala Tambahan

Oleh Redaksi, PUBLIS

Musala tambahan yang dibangun warga, Doc: Fahmi for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Khawatir jamaah salat tarawih membludak sementara Pandemi Covid-19 Jember belum juga usai, warga lingkungan Sadengan, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, mendirikan musala tambahan untuk mengatur jarak saat jamaah shalat berjamaah.

Sekretaris desa setempat, Arief mengatakan bahwa membuat musala tambahan diperuntukan guna mengantisipasi membludaknya jamaah salat tarawih sehingga ada ide dari warga untuk menambah tempat, Jum'at 16 April 2021.

Musala yang ada, hanya mampu menampung 60 hingga 70 orang jamaah shalat tarawih. Namun, mencegah jamaah banyak, warga mendirikan musala sementara. Di mana bangunan semi permanen itu terbuat dari garvalum, yang beratapkan terpal. Sedangkan di bawah, menggunakan bedak kayu dan berlantaikan karpet.

"Kalau di musala tambahan ini, bisa menampung 20 hingga 30 orang," terang Arief. Kata dia, mendirikan tambahan untuk ini mencegah penyebaran Covid-19, jadi para jamaah di Musala tersebut harus menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Di depan telah disiapkan air mengalir. Sebelum masuk Musala, bisa cuci tangan dulu.

Sementara, salah satu warga setempat, Badri menyambut baik apa yang dilakukan oleh warga sekitar. "Dibantu oleh Pak Tri pemilik garvalum, warga langsung kompak bangun musala sementara," tambahnya.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga