Senin 08 Juli 2024

Warga Desa Penjuru Inhil Diterkam Buaya Menjelang Subuh

Oleh Redaksi, PUBLIS

PUBLIS.ID, INHIL - Seorang warga diterkam seekor buaya menjelang subuh, hal ini kerap terjadi di Wilayah Perairan Sungai, Desa Penjuru Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Penyebabnya, karena habitatnya yang mulai rusak, digerus lahan perkebunan dan pemukiman.

Apesnya, Pemerintah Desa tidak memasang plakat peringatan atau himbauan masyarakat agar warga waspada,"Ini sudah kesekian kalinya, warga diterkam buaya, memang itu musibah, namun jadi tanda tanya, mengapa Pemerintahan Desa tidak memasang Plang himbauan yang kita katakan upaya, supaya masyarakat berhati hati bila mengarah ke Sungai," ujar Irwansyah kepada Wartawan, pada Minggu 07 Juli 2024.

Korban bernama Zulkarnaen berusia 35 tahun, ia diterkam buaya sekitar pukul 02.30 Wib. Saat itu ia sedang mandi di tepi Sungai di Desa penjuru, dari kejadian itu, Zulkarnaen beruntung bisa menyelamatkan diri, meski demikian tangan kirinya luka parah.

"Waktu itu saya mau mandi, dan langsung terjun, tiba tiba ada terasa yang mendekati, tapi saya abaikan saja, tidak berselang lama tangan saya yang kiri langsung diterkam. Alhamdulillah dengan izin yang maha kuasa, saya dapat melakukan perlawanan, sehingga saya selamat dari musibah itu," terang Zulkarnaen.

Peristiwa itu dibenarkan Babinkantibmas Desa Penjuru Brigadir Agus Saputra Siahaan, pihaknya melakukan evakuasi dan tengah ditangani medis setempat. "Benar kejadian itu pak dan telah kami lakukan evakuasi dan perawatan," terangnya.

Sementara Kepala Desa Salehudin ketika  dikonfirmasi, sebelum tengah hari baru mengetahui dan menerjunkan tim untuk mengevakuasi. "Benar pak, kami baru mengetahui dari warga dan kami segera turun ke lokasi," kata Salehudin.

"Mengenai Plang Himbauan, untuk sementara kami menghimbau melalui Pesan di Media Sosial," papar Salehudin.

Selanjutnya Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat  Riki baru juga mengetahui kejadian tersebut. "Saya baru pagi hari ini mendengar informasi dari pihak Wartawan, saat ini saya akan upayakan menangani secara medis musibah itu," jelas Riki. (Siti Rahmah)

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga