Jumat 12 April 2019

Tinjau USBN 2019, Kadispendik: Semua Sudah Sesuai SOP

Oleh Redaksi, PUBLIS

Humas Pemkab Jember for Publis.id

PUBLIS.ID, JEMBER - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Dr. H. Edy Budi Susilo, M.Si., meninjau langsung pelaksanaan USBN 2019 di SMP 1 Arjasa, SMPN 13 Jember, SMPN 6 Jember, dan SMPN 3 Jember.

Hasilnya, dia menilai semuanya telah melaksanakan ujian sesuai dengan prosedur, “Semua sudah melaksanakan SOP yang diberikan,” ujar Edy.

SOP yang disebut Edy meliputi dari sisi kepesertaan, kehadiran peserta, dan pengawasan secara silang yang dilaksanakan di sub rayon. Pengambilan, pendistribusian soal dari Diknas, ke sub rayon hingga ke sekolah juga berjalan sesuai prosedur.

Terdapat pelajar dari SMP 1 Arjasa yang sakit dan harus menjalani ujian di ruang UKS yang dijaga oleh satu guru. Ada juga satu pelajar SMPN 3 Jember yang opname.

“Jadi mereka ini akan diagendakan ujian susulan. Selebihnya berjalan baik, tertib, lancar sesuai dengan SOP,” tegasnya.

Setelah USBN selesai, akan diberikan kesempatan kepada siswa yang pada tanggal 6 – 7 April tidak hadir, dengan berbagai alasan seperti mengikuti ujian penerimaan di SMA Taruna Nusantara.

“Yang seperti ini diberi toleransi dan akan melaksanakan ujian sendiri dari tanggal 9 – 13 April, itu kesempatan yang diberikan,” jelasnya.

Edy menyampaikan, mulai hari ini  pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional atau USBN tahun 2019 bagi SMP negari, terbuka, maupun swasta. USBN berlangsung mulai tanggal 1 – 8 April 2019.

Sebanyak 11 mata pelajaran yang diujikan bagi para siswa kelas 9 yang berlangsung di 33 sub rayon, yang terdiri dari 94 SMP Negeri, 18 SMP terbuka, dan 222 SMP swasta.

“Mulai hari ini di 33 sub rayon, naskah yang sudah siap didistribusikan,”

Berkas yang siap didistribusikan dari Diknas diserahkan ke sub rayon, dan pagi masing-masing sekolah penyelenggara mengambil di sub rayon dalam keadaan tersegel. Dokumen soal itu dibuka di depan para peserta ujian.

“Sampai saat ini, data yang mengikuti ujian sekolah USBN ada 24.012 siswa dari 334 sekolah negeri, terbuka, dan swasta,” jlentrehnya.

Edy berharap proses pelaksanaan USBN ini berjalan dengan tertib, lancar, dan terkendali.

Terkait dengan UNBK (Ujian nasional Berbasis Komputer), saat ini di Jember sudah dipersiapkan. Ujian UNBK akan dilaksanakan tanggal 22 – 25 April serentak, baik secara mandiri, gabung dan menumpang di SMP yang memiliki fasilitas lengkap.

“Tahun ini kita secara serentak akan melaksanakan UNBK seluruh SMP negeri maupun swasta,” ungkapnya.

Edy mengatakan, sejauh ini persiapannya lancar dan klir, baik menyangkut persiapan dari PLN yang membantu untuk tidak melakukan pemadaman pada tanggal ujian.

Pihak Telkomsel beserta stakeholder lainnya juga siap memberikan jaminan kelancaran untuk internet. “Kami siap menyelenggarakan UNBK 2019,” jelasnya. (DHANI NGEK)

 

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga