Minggu 16 Agustus 2020

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Desa di Era New Normal, Mahasiswa UMM Pasang Bilik Disinfektan di Ruang Publik

Oleh Redaksi, PUBLIS

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang saat memasang bilik disinfektan di ruang publik desa. (FOTO: Publis).

PUBLIS.ID, Banyuwangi - Demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan di era new normal, mahasiswa PMM 75 Universitas Muhammadiyah Malang memasang bilik disinfektan di ruang publik desa. Kegiatan yang dilaksanakan di desa Jambewangi, kecamatan Sempu, kabupaten Banyuwangi sejak tanggal 01 – 19 Agustus 2020 ini diawasi dan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Sholahuddin Al-Fatih, S.H., M.H.


Penanggung jawab Program Disinfectan For Public Area, Fitra Yudha Aritama Mahasiswa Teknik Mesin UMM 2017 mengatakan bahwa "Program ini kami gagas untuk memperkecil circle penularan covid 19, melalui benda maupun anggota badan yang rawan terkena droplet dari individu lain yang mungkin saja sudah terpapar covid 19, namun tidak disadari/orang tanpa gejala sehingga hal ini juga memperkecil adanya penularan melalui sentuhan anggota badan, karena masyarakat sekarang juga mulai abai dan tidak menerapkan physical distancing, dan hal ini  juga untuk memperingatkan bahwa virus ini masih ada, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menanggapi covid 19 ini"


Selain itu, progam ini juga sejalan dengan tema yang diusung yakni “Menyongsong Pedesaan Tertib Covid-19 di Era New Normal”


Koordinator desa M. Dodik Prastiyo, juga menjelaskan bahwa program ini sebagai percontohan dan mengajak kepada warga desa - desa di kabupaten Banyuwangi untuk membuat bilik disinfektan yang dimana dapat digunakan di area publik khususnya kantor pelayanan desa, puskesmas pembantu, masjid dan lain-lain, serta dapat mengingatkan bahwa Covid-19 ini virus yg berbahaya dan harus segara diputus mata penularannya. (AMR).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga