Selasa 14 September 2021

Terima Sertifikat dari BPN, Pemkab Jember Selamatkan Aset Daerah

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Jember bersama Wabup foto bersama dengan Kepala BPN Jember dan BPN Jatim, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Pemkab Jember menerima 17 sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Negara (BPN) Jawa Timur di Pendopo Wahyawibawagraha. Total keseluruhan 44 sertifikat tanah yang diterima dan 400 masih dalam proses.

“Dokumen aset daerah yang sudah terselamatkan dan diserahkan ada 44 sertifikat dan masih tinggal 400 dokumen Pemkab yang sedang kita proses untuk di sertifikasi,” ujar Kepala BPN Jember Sugeng Mulyo Santoso, Selasa 14 September 2021.

Menurut Sugeng, penyerahan sertifikat tersebut adalah bagian dari tindak lanjut kerjasama antara Pemkab Jember dengan BPN. Program kerjasama ini dilakukan secara terbuka dan sudah diawasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), agar penyelamatan aset daerah berjalan sukses.

Kepala Kantor BPN Perwakilan Jawa Timur (Jatim) Jonahar mengatakan, bahwa target Aset yang akan diselamatkan Pemkab Jember sebanyak 1200 Aset. Oleh sebab itu, pihaknya minta surat-suratnya segera disiapkan sebagai bentuk nyata atas kepemilikan, agar tidak ada kecurigaan KPK.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terima kasih atas upaya dari BPN. Diharapkan akan banyak lagi aset yang bisa terselamatkan. “Saya ucapkan terima kasih pada BPN, mengingat aset ini penting, agar Pemerintah bisa memanfaatkan Tanah yang menjadi hal Pemkab lebih optimal lagi,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Hendy juga menerangkan bahwa Pemkab Jember juga akan melakukan sertifikasi atas Tanah pesisir pantai selatan, kurang lebih ada 100 kilometer yang sekarang sedang di inventarisir.

“Kemarin kita, juga sudah pasang patok, bersama dengan Kepala Kantor BPN Jember pak Sugeng,” katanya Penyelamatan aset ini, kata Hendy, sangat berguna bagi Pemerintah Jember dalam mengoptimalkan tanah daerah sebagai pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Di masa Pandemi ini kita harus bisa tingkatkan PAD Pak, Pemkab Butuh Duit, makanya kita butuh bantuan bapak-bapak dari BPN dalam sertifikasi Tanah daerah,” ungkapnya. Bila Pemkab Jember berhasil memiliki Hak Penggunaan Lahan (HPL) pesisir pantai selatan, kata Hendy, akan mudah meningkatkan ekonomi daerah.

“Kemiskinan di Jember akan dapat ditekan, melalui pemanfaatan harta karun di dalam laut. Untuk itu saya mohon bantuan dari BPN untuk mendukung program Inventarisir pesisir pantai.” Tandasnya.

Reporter: Imam
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga