Kamis 02 September 2021

Tempat Pilah Sampah BUMDes Karya Mandiri Desa Balung Kulon Terbakar

Oleh Redaksi, PUBLIS

Tempat pilah sampah BUMDes Karya Mandiri yang terbakar semalam, Doc: Fahmi for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Tempat untuk memilah-milah sampah plastik dan organik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Balung Kulon terbakar. Semua sampah plastik nyaris habis dilahap di jago merah, kerugian ditaksir 4 jutaan.

Pengurus BUMDes Desa Balung Kulon, Sugiarto kepada Publis mengatakan, memang tempat pilah sampah BUMDes selama ini masih belum standard, namun pemerintah tidak peka. Dan, malam ini terbakar.

"Ini masih dalam proses pemadaman untuk mengamankan sisa-sisa sampah plastik yang belum terbakar. Ini kita tidak suudzon tapi kalau tidak ada yang membakar kan tidak mungkin terbakar," ujar Sugiarto yang akrab disapa Cak Mad, Rabu malam 1 September 2021 via telephone.

Cak Mad menjelaskan, lahan untuk pilah sampah BUMDes dari hasil menyewa lahan Tanah Kas Desa (TKD) 2 juta setiap tahunnya. Lokasinya jauh dengan perumahan warga namun agak dekat dengan salah satu warung makan sehingga mereka merasa terganggu, katanya banyak lalat sehingga sempat dilakukan mediasi sebelumnya, sudah clear tidak ada persoalan, "Tau tau malam ini terbakar," ucapnya.

Cak Mad masih belum tau akan berbuat apa, sebab bila berhenti sementara kasihan nasib pekerja pilah sampah, mereka adalah anak-anak dari keluarga tidak mampu, sengaja dipekerjakan di sini untuk membantu. "Bila di rumahkan kasihan, harus ada solusi dari pemerintah," tandasnya.

Perlu diketahui BUMDes Karya Mandiri Desa Balung Kulon ini satu-satunya BUMDes se-Kabupaten Jember yang masuk nominasi terbaik se-Jawa Timur. "Hanya tinggal tempat pilah sampah yang belun standard, tidak seperti yang ada di Malang itu, di sini anggapannya masih liar," ungkap Cak Mad.

Reporter: Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga