Senin 26 September 2022

Syaikh Yusuf al-Qaradhawi Wafat, Ummat Islam Berduka

Oleh Redaksi, PUBLIS

Syaikh Yusuf al-Qaradhawi, Dok. Twitter (@alqaradawy).

PUBLIS.ID, BANDAR LAMPUNG - Salah seorang Ulama dan cendekiawan Muslim kenamaan dunia Syeikh Yusuf al-Qaradhawi telah berpulang ke Rahmatullah, Senin 26 September 2022. Kabar wafatnya Syeikh Yusuf al-Qaradhawi itu menyebar melalui lewat akun Twitter resminya @alqaradawy.


"Telah berpulang ke rahmatullah, Yang Mulia, Imam Yusuf al-Qaradhawi, yang memberikan hidupnya menjelaskan hukum Islam dan membela ummat (Muslim) nya. Kami memohon kepada Allah untuk mengangkat derajatnya di peringkat tertinggi, dan agar ditempatkan bersama para nabi, orang-orang yang benar, para syuhada dan orang-orang saleh. Dan mereka adalah sahabat yang baik. Dan agar penyakit dan musibah yang menimpanya meninggikan derajatnya.. Ya Allah, Amin" bunyi pernyataan itu sebagaimana dikutip Media publis.id.



Kabar tentang wafatnya Syeikh Yusuf al-Qaradhawi itu pun menggemparkan dunia maya, termasuk salahsatunya di Indonesia.


Syeikh Yusuf al-Qaradhawi yang lahir pada 9 September 1926 merupakan cendekiawan Muslim yang berasal dari Mesir. Ia dikenal sebagai seorang Mujtahid di era modern ini. Ia juga dipercaya menjadi seorang ketua majelis fatwa.


Dalam perjalanan hidupnya, Syeikh Qaradhawi pernah mengenyam "pendidikan" penjara akibat keterlibatannya dalam pergerakan Ikhwanul Muslimin. Saat itu Mesir dipimpin oleh Raja Faruk, beliau masuk bui pada tahun 1949, saat itu beliau masih berusia 23 tahun.


Syeikh Qaradhawi memiliki tujuh orang anak, empat orang putri dan tiga orang putra. Sebagai seorang Ulama yang sangat terbuka, dia membebaskan anak-anaknya untuk menuntut ilmu apa saja sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing.


Putri pertama beliau memperoleh gelar doktor fisika dalam bidang nuklir dari Inggris, putri keduanya memperoleh gelar doktor dalam bidang kimia juga dari Inggris. Sedangkan putrinya yang ketiga masih menempuh pendidikan S3. Adapun putri beliau yang keempat telah menyelesaikan pendidikan S1-nya di Universitas Texas Amerika Serikat.


Anak laki-laki Syeikh Qaradhawi yang pertama menempuh pendidikan S3 dalam bidang teknik elektro di Amerika Serikat, anak laki-laki beliau yang kedua belajar di Universitas Darul Ulum Mesir. Sedangkan anak laki-laki yang terakhir telah menyelesaikan kuliahnya pada fakultas teknik jurusan listrik. Dilihat dari beragamnya pendidikan yang diperoleh anak-anaknya, maka kita dapat membaca sikap dan pandangan Syeikh Yusuf al-Qaradhawi terhadap pendidikan modern.


Pewarta: Ammar
Publisher: Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga