Jumat 13 Januari 2023

Sungai Intan Gelar Desa Siaga Sehat Namun Jaringan Internet Belum Bersahabat

Oleh Redaksi, PUBLIS

PUBLIS.ID, INHIL - Dalam Rangka Desa Siaga Sehat tahun 2023, Pemerintah Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir-Riau bekerjasama dengan UPT Puskesmas Tembilahan Hulu dan BPJS Kesehatan Tembilahan menggelar pelayanan kesehatan untuk masyarakat, agenda ini digelar di Balai Pertemuan Desa, pada Kamis 12 Januari 2023.

Pelayanan masyarakat yang terdaftar didalam kepesertaan BPJS kesehatan dan pengguna KIS mendapat layanan pengobatan secara gratis. Layanan Pengobatan juga dibuka secara mandiri atau berbayar  bagi masyarakat yang belum terdaftar, namun dengan bayaran yang sangat terjangkau.

UPT Puskesmas Tembilahan Hulu melalui Inovasi Dokter Menyentuh mengirimkan Dokter bersama 10 orang Nakes.

Pj progam PTM, Penyakit Tidak Menular, UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu Ns.Sri Yani S.Kep menjelaskan Program Desa Siaga Sehat Desa Sungai Intan ini sejalan dengan Program Inovasi Layanan Kesehatan dari UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu, yakni dengan Inovasi yang diberi nama Dokter Menyentuh.

"Ya, hari ini kami datang ke Desa Sungai Intan ini dalam rangka berkolaborasi bersama Pemdes Sungai Intan dan juga BPJS kesehatan, kita dari UPT Puskesmas Tembilahan Hulu melalui Progam inovatif dokter menyentuh, hari ini ada beberapa layanan kesehatan yang kita berikan kepada masyarakat yang terdaftar didalam BPJS, KIS maupun untuk umum atau pun mandiri," ungkapnya.

Yakni diantaranya, lanjutnya, pelayanan pengobatan umum, anak lansia, ibu dan pemeriksaan screning penyakit tidak menular HT, DM, OBESITAS, dan program Dokter Menyentuh ini akan rutin kita laksanakan secara berkala setiap bulan diwilayah Kecamatan Tembilahan Hulu termasuk Desa Sungai Intan.

"Dengan Menyesuaikan dengan jadwal kedatangan kita bersama Desa setempat, dan pelayanan pengobatan juga kita berikan kepada masyarakat yang tidak memiliki kartu BPJS maupun KIS, namun berbayar dengan bayaran yang tidak memberatkan," pungkasnya.

"Namun tentu kita berharap, yang warga Sungai Intan hari ini belum terdaftar di BPJS, baiknya mendaftar sehingga dapat berobat secara gratis dikemudian hari. Sangat meyangkan jika tidak ikut kepesertaan BPJS. Jika dalam keadaan yang urgent, bisa dimanfaatkan sebagai jaminan untuk berobat agar difasilitasi  kesehatan yang tersedia," beber Sri Yani.

Sementara itu Staf Kepesertaan BPJS kesehatan Tembilahan Ananda Riyandwyana mengatakan, "Dalam kegiatan layanan kesehatan berkolaborasi dengan Desa Sungai Intan ini kita datang dengan memberikan beberapa layanan BPJS kesehatan yakni diantaranya, pengecekan Kartu BPJS Kesehatan dan KIS, juga kita melaksanakan sosialisasi dan melayani pendaftaran baru Kepesertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat Desa Sungai Intan," jelasnya.

"Namun hari ini kita mengalami kendala jaringan Internet yang tidak stabil disini, sehingga pengecekan online terganggu. Untuk lebih lanjut juga tadi, kita memberikan penjelasan singkat kepada staf Desa yang diminta Kepala Desa untuk disampaikan cara melakukan pengecekan kepesertaan BPJS Kesehatan," jelas dia.

Selanjutnya Kepala Desa Sungai Intan Ahmad Ependi didampingi Babinsa Sertu Suherman dan Babinkamtibmas Briptu Ilham Dinata Syahputra memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pihak BPJS Kesehatan Tembilahan dan UPT Puskesmas Tembilahan Hulu

"Terimakasih kasih atas kesediaan Bapak Ibu untuk datang langsung kesini memberikan pelayanan kepada warga kami. Kita semua memiliki tujuan yang sama, yakni demi memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan prima kepada masyarakat," tutur Ahmad Ependi.

Terkait Keluhan Kendala jaringan internet di Desa Sungai Intan. Sehingga operator kesulitan dalam pengecekan dan penginputan data, diakui Ahmad Ependi sebagai permasalah klasik yang setiap hari dialami diwilayah Desa Sungai Intan. Baik dalam layanan masyarakat dikantor Desa maupun akses informasi masyarakat secara umum.

"Ya, inilah Bapak Ibu, permasalahan kita, jaringan internet sangat tidak stabil disini, walaupun Kantor Desa kita telah dilengkapi dengan fasilitas WiFi namun kapasitas MBPS nya masih tergolong rendah, bahkan acap kali kehilangan signal, seperti yang hari ini kita hadapi. Kami sudah sering bersuara baik kepada Pemerintah melalui Dinas Kominfo maupun kepada provider jaringan agar dibangun tower disini, dan nanti melalui Musrenbang Insya Allah akan kembali kita masukkan usulan tersebut, karena keberadaan jaringan internet yang stabil saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi pelayanan administrasi. Semua kita tau hari ini kita serba by sistem, via aplikasi online, semoga bisa direalisasikan secepatnya. Perlu diketahui hari ini Desa Sungai Intan, bahkan banyak wilayahnya, jangankan jaringan internet, untuk signal telfon biasa saja tidak ada sinyal," jelas Ahmad Ependi

Reporter: Rhama Melo
Publiser: Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga