Jumat 26 Maret 2021

Sudah Bayar 13 Juta, Hingga Jabatan Kades Bambang Winarko Selesai, Balik Nama Sertifikat Tidak Jelas Nasibnya

Oleh Redaksi, PUBLIS

Ilustrasi foto diambil dari tebuireng.online

PUBLIS.ID, JEMBER - Warga Desa Gumukmas, Kecamatan Gumukmas, Barokah bernasib sial. Sebab lima tahun lalu mengajukan balik nama sertifikat kepada Kepala Desanya Bambang Winarko, hingga jabatan sang kades selesai, sertifikatnya tidak jelas nasibnya.

"Mengajukan balik nama untuk sertifikat sudah bayar 13 juta, uangnya sudah saya kasihkan ke Pak Bambang sama Pak Jaelani di sini, saksinya juga ada," ujar Barokah di rumahnya, Kamis 24 Maret 2021.

Barokah mengatakan, sertifikat tersebut ada dua untuk dua lokasi tanah. Pertama akan balik nama atas nama Yusuf dan kedua atas nama dirinya sendiri. "Sekitar 5 tahun lalu yang mengajukan," ucapnya.

Mantan TKW Malaysia ini mengaku mengajukan balik nama sertifikat dari hasil kerja kerasnya selama di tanah Jiran. Lantaran tidak kunjung selesai, akhirnya Barokah mengajukan balik nama ke program PTSL yang diselenggaran oleh Badan Pertanahan (BPN) Jember.

Meski uangnya masih ada ke Kades Bambang Winarko sebesar 13 juta. Tapi, Barokah masih harus membayar Rp. 600.000 untuk sertifikatnya dan sekarang sertifikat tanahnya sudah selesai.

Diduga karena marasa jengkel, Barokah tidak pernah menanyakan ke mana uangnya. Anehnya, mantan Kades Bambang selema menjabat tidak pernah menanyakan atau menginformasikan perihal nasib uangnya.

"Hanya saja Pak Jaelani tiba-tiba memberi saya uang 2 juta, saya juga tidak mengerti. Jaelani mengaku mau mengembalikan uangnya tapi bilangnya masih ada 2 juta, dan kurang 11 juta," ungkap Barokah.

Sementara mantan Kepala Desa Gumukmas, Bambang Winarko saat dikonfirmasi via WhatsApp tidak kunjung dibalas. Demikian pula usaha publis.id konfirmasi berita soal aliran dana PTSL, sampai hari ini pesannya masih centang dua hitam, tanda belum dibaca.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga