Sabtu 29 Agustus 2020

Seminar UMKM Tokopedia Bersama Mas Vian, Tampilkan JFC dan Tarian Ladbako

Oleh Redaksi, PUBLIS

Mas Vian bersama narasumber lainnya foto bersama JFC, Doc: Fahmi/Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Tokopedia gelar seminar bertajuk 'UMKM Go Online With Tokopedia' di Hotel Dafam bersama Dwi Arya Nugraha Oktavianto atau Mas Vian sebagai narasumber.

Selain Mas Vian, ada juga pengusaha properti Prayogi yang juga pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jember dan Designer Batik asal Banyuwangi, Isyam Syamsi.

Seminar dibuka dengan tarian khas Jember tari Ladbako, juga penampilan Jember Fashion Carnafal (JFC). Suasana pandemi Covid-19 ini, bisa tampil telah membantu dua icon Jember itu agar tetap eksis.

"JFC tahun ini terdampak pandemi, namun tetap bisa tampil dalam acara-acara seperti ini. Ini bagian dari gotong royong dimana pandemi ini, hampir semua sektor terdampak," ujar Prayogi.

Yogi sapaan akrabnya, menyarankan kepada pelaku UMKM, di suasana pandemi ini supaya pintar memanajemen keuangan. Dengan menjaga cash flow, serta menjaga stock produksi yang di sesuaikan dengan demand. Dan bisa menggunakan E-commerce seperti Tokopedia sebagai solusi penawarannya.

Sementara itu, Mas Vian mengatakan, "Agenda hari ini bersama Tokopedia termasuk bagian dari upaya untuk menghidupkan UMKM di Jember. Di Jember ini UMKM cukup besar dengan total keseluruhan 670.000 UMKM hampir 10% dari total UMKM se-Jawa Timur dan terbesar Jember,"

Bila tidak dimanfaatkan dengan baik, Mas Vian menilai, akan berdampak pada perekonomian Jember. Namun demikian, bila dimanfaatkan dengan baik maka akan menopang perekonomian Jember. Sehingga harus di suport, harus dibantu. Diawal, targetnya 1000 UMKM harus go nasional. Melalui kerjasama dengan toko e-comerce supaya penjualannya menyeluruh tidak saja di tingkat lokal namun nasional.

Menurut Mas Vian, sekarang adalah era digitalisasi, semua orang dapat mengakses informasi dengan cepat. Oleh sebab itu, harus dimanfaatkan dengan baik.
Masalah kendala modal yang dihadapi UMKM, bila terpilih sebagai Wabub nanti, Mas Vian mengaku akan menggandeng perbankan

"Terkait permodalan, nanti kita akan ajak kerjasama dengan perbankan supaya bisa membantu mereka, pemerintah kedepan juga harus mempermudah akses perijinan," ungkapnya. Disamping melakukan digitalisasi UMKM, Mas Vian juga mendorong warga Jember harus bangga dengan produk lokal dengan membeli produk tetangga.

Pemerintah yang akan datang, pertama mendorong UMKM memenuhi kebutuhan lokal kemudian memenuhi kebutuhan luar Jember, baik itu produk Handycraft, fashion dan produk lainnya.

Caranya agar masyarakat bangga membeli produk tetangga, Mas Vian akan menjadikan Karang Taruna sebagai pelopornya untuk tingkat pedesaan. "Namun demikian, pemerintah harus mampu bekerjasama dengan semua jaringan komunitas, kelompok untuk bersinergi guna menghidupkan UMKM Kabupaten Jember," terangnya. (Fahmi).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga