Minggu 07 Juni 2020

Selesai Rapid Tes di Tiga Ponpes, Bupati Jember Yakin Siapkan Pesantren Tangguh

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Jember dr. Faida MMR, Doc: Akun medsos Bupati Jember

PUBLIS.ID, JEMBER - Pemerintah Kabupaten Jember memfasilitasi protokol kesehatan untuk pesantren. Sejauh ini, sudah tiga pesantren yang selesai dilakukan rapid tes kepada santrinya yang kembali ke pondok berikut dengan pengasuhnya.

Tiga pesantren tersebut diantaranya Ponpes Bustanul Ulum, Desa Langkap, Kecamatan Bangsalsari, dilakukan rapid tes tanggal 06 Juni lalu dengan jumlah santri yang turut serta 37 orang, hasilnya semua non reaktif.

Ponpes Al-islah, Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah dilakukan rapid tes tanggal 06 juni 2020 lalu dengan jumlah santri yang di tes 254 orang hasilnya keseluruhan non reaktif.

Ponpes Tanwirul Ulum, Desa Umbulsari, Kecamatan Umbulsari dilakukan rapid tes tanggal 7 juni 2020 dengan jumlah santri yang turut serta 110 orang berikut dengan pengasuhnya 17 orang, hasilnya keseluruhan non reaktif.

Bupati Jember dr. Faida melalui pesan WhatsApp menyampaikan keyakinannya bila Jember bisa menyiapkan Pondok Pesantren yang tangguh, "Saya yakin kita bisa siapkan ponpes tangguh," ujar Faida, Minggu 7 Juni 2020.

Hal tersebut bisa dicapai, kata Faida, bila anak-anak aman di ponpes dengan mengikuti protokol ditaati. "Saya mendukung ponpes menerima santri lebih awal meski sekolah formalnya belum dimulai," katanya.

Faida menjelaskan, bila Pemerintah Kabupaten Jember memberi bekal masker, alas sholat kain mudah dicuci 2 potong sebagai protokol kesehatan, vitamin untuk 1 bulan.

"Anak-anak santri harus patuhi selalu jaga jarak tidak bergerombol. Disiplin baru yg harus dilatih untuk ponpes new normal. Ditiap kelas disiapkan wastafel untuk santri keluar masuk kelas antri cuci tangan," terangnya.

Faida berpesan agar masker dicuci setiap hari. Diganti setiap 4 sd 6 jam. Selain itu, Faida menegaskan bila Pemkab Jember
sudah menyediakan bus untuk mengantar puluhan santri Jember yang mau kembali ke Madura Ponpes Guluk-Gukuk. (RF).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga