Kamis 04 Juni 2020

Salah Satu Desa di Situbondo ini Baru Menyalurkan BLT Tahap Satu

Oleh Redaksi, PUBLIS

Proses pemeriksaan oleh satgas pencegahan covid-19 Desa Peleyan kepada masyarakat yang hadir dalam penyaluran BLT DD. Doc: Rozy/Publis.id

PUBLIS.ID, SITUBONDO - Pemerintah Desa (Pemdes) Peleyan, Kecamatan Kapongan baru menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) kepada 161 keluarga pra sejahtera di kantor desa, Rabu 3 Juni 2020.

BLT DD merupakan program Kementerian Desa untuk membantu perekonomian masyarakat kelas bawah disaat pandemi Covid-19, bantuan berupa uang 600.000 ribu dan anggaran diambil dari Dana Desa.

Proses penyaluran di Desa Peleyan, dihadiri Kepala Desa Peleyan Muhammad Yasin, Camat Kapongan Ir. Timbul Surjanto, MM, Kapolsek Kapongan AKP Spt Pramana S.H, Kasi Pemerintahan Kecamatan, Babinsa, Babinkambtibmas dan seluruh perangkat serta satgas pencegahan Covid-19 desa.

Kepala Desa Peleyan Muhammad Yasin menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah hadir dan berpartisipasi baik dari pemerintah kecamatan, kapolsek dan Koramil termasuk perangkat desa beserta masyarakat.

"Alhamdulillah pelaksanaan penyaluran berjalan aman dan sesuai harapan. Saya bersyukur dan ikut senang melihat masyarakat penerima BLT DD, mereka merasa bangga juga telah dibantu oleh pemerintah," ujar Yasin.

Yasin berharap, semoga melalui program BLT ini dapat membantu meringankan kebutuhan keseharian warganya.

Bendahara Desa Peleyan, Arif mengatakan, randon acaranya ceremonial, pembukaan dan sambutan dari Kepala Desa, Camat Kapongan dan Kapolsek Kapongan. "Kemudian terkait jumlah penerima BLT DD di Desa peleyan ini sebanyak 161 KPM dengan nominal uang yang diterima sebesar Rp.600.000 per KK," terang Arif sapaan akrabnya

Sementara itu, Sekretaris Desa Peleyan, Iwan Fauzi berpendapat bahwa Penyaluran BLT-DD bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat miskin yang rentan secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan hidup keseharian selama pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

"Kami berharap dengan BLT ini mampu meringankan beban kebutuhan masyarakat yang rentan secara ekonomi dan sosial sementara bagi warga yang belum tercover program BLT-DD, maka Pemerintah Desa akan berupaya bagi yang belum menerima bantuan sama sekali bisa tercover di program Bantuan yang lain termasuk dari APBD Kabupaten Situbondo". Pungkas Iwan

Tekhnis penyaluran, kata dia, dibagi sesuai jumlah dusun yang ada sebanyak 5 Dusun dengan dikawal petugas. Disamping itu bagi masyarakat yang hadir diwajibkan mengikuti Protokoler kesehatan dari pemerintah di tengah pandemi covid 19.

"Mereka diwajibkan memakai masker, selalu mencuci tangan dan jaga jarak guna mencegah serta memutus mata rantai penyebaran wabah Virus Corona," tambah Iwan.

Berdasarkan info dari berbagai sumber, hari ini di Kecamatan Kapongan terdapat 3 Desa yang melaksanakan penyaluran BLT DD antara lain Desa Kandang, Desa Pokaan dan Desa Peleyan. Untuk Desa peleyan proses penyaluran Dimulai Pukul 10.00 WIB s/d selesai. (ARZ)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga