Minggu 01 Agustus 2021

Ribuan KPM di Kecamatan Kapongan Situbondo Terima Bantuan Beras PPKM

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat penyaluran beras PPKM berlangsung, Doc: Arz

PUBLIS.ID, SITUBONDO - Seiring dengan kebijakan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali sejak 3 Juli dan diperpanjang sampai dengan 2 Agustus 2021, pemerintah pusat kembali memberikan bantuan tambahan berupa Beras PPKM kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Situbondo.


Bantuan Beras PPKM dari Kementrian Sosial ini disalurkan melalui Perusahaan Umum Urusan Logistik dan Pangan (Perum Bulog). Hari Sabtu kemaren telah disalurkan kepada ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan dan Bantuan Sosial Tunai (PKH-BST) Kecamatan Kapongan.


Koordinator Pendamping PKH Kecamatan Kapongan, Nurul Nurjannah mengatakan, total KPM penerima bantuan Beras PPKM sebanyak 3.782 orang yang terdiri dari KPM PKH dan BST di 10 desa se-Kecamatan Kapongan. Tapi, tidak semua KPM PKH dan BST menerimanya.


"Alhamdulillah Penyaluran bagi penerima di 10 desa se-Kecamatan Kapongan sudah selesai berjalan lancar dimulai sejak Hari Kamis (29/07) sampai dengan hari Sabtu kemarin (31/07)." Ujarnya usai penyaluran di kantor Desa Kapongan, Sabtu 31 Juli 2021.


Pendamping PKH Kapongan, Sulhaedi berharap bantuan Beras PPKM ini mampu meringankan beban kebutuhan masyarakat yang lebih membutuhkan bantuan, seperti KPM PKH dan BST sesuai data penerima BNBA dari pemerintah.


"Bagi masyarakat yang hadir diwajibkan mengikuti protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah meski para pendamping harus berulang-ulang memberikan pemahaman agar patuh prokes. Mereka diwajibkan bermasker, selalu mencuci tangan dan jaga jarak guna mencegah serta memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di tengah kebijakan PPKM," pungkas Edi, panggilan akrab pria kelahiran Sepudi, Madura ini kepada Publis.


Sementara Camat Kapongan Timbul Surjanto berharap kepada penerima manfaat tidak hanya menerima bantuannya saja tetapi juga kerjasama dan partisipasi aktif dalam pemutusan mata rantai Covid 19 dengan tetap mematuhi prokes dan bersedia divaksin untuk membentuk herd immunity.


"Masyarakat jangan terlalu terpengaruh berita maupun isu yang tidak jelas (Hoax) tentang covid 19 dan tentang negatif terhadap proses vaksinasi. Bila ada yang kurang sehat agar tetap berpikir positif untuk sembuh, segera berobat agar cepat tertangani penyakitnya," ungkap Timbul.


Lebih lanjut Timbul memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah hadir dan berpartisipasi selama proses penyaluran di 10 desa se-Kecamatan Kapongan.


"Alhamdulillah proses penyaluran berjalan tertib dan lancar sesuai harapan. Kami bersyukur dan ikut bangga melihat masyarakat penerima bantuan, mereka juga merasa bangga telah dibantu oleh pemerintah, semoga melalui program bantuan Beras PPKM ini dapat membantu meringankan beban kebutuhan keseharian di tengah pandemi covid-19 dan kebijakan PPKM ini," katanya.

Reporter: ARZ
Publiser: Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga