Sabtu 12 November 2022

Reot dan Jadi Sarang Laba-Laba, Kantor Desa Makmur Jaya Mirip Rumah Hantu

Oleh Redaksi, PUBLIS

Kondisi kantor Desa Makmur Jaya, Doc: Anton

PUBLIS.ID, INHIL - Peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2018 Pasal 1 ayat 30, bahwa Kantor adalah suatu bangunan dari pekerjaan konstruksi, yaitu model atau tata letak suatu bangunan. Berarti setiap kantor yang sudah dibangun untuk kepentingan masyarakat, merupakan kewajiban untuk dipelihara.

Berbeda dengan kondisi Desa Makmur Jaya Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir, ternyata kantor sudah sekian lama tidak difungsikan. Hal itu dikatakan Warga dan Staf Desa Makmur Jaya kepada Publis.id di sekitar kantor desa tersebut pada Jum'at 11 November 2022.

"Sudah 5 tahun kantor Desa tidak difungsikan, yang ironisnya lagi papan Plang "Kantor Desa Makmur Jaya" menempel ke Sekolah PAUD, ini sangat ajaib, seakan tidak punya tempat yang fasilitasikan" ujar seorang Warga

Hal senada dikatakan Staf Desa, Vera membenarkan bila kantor desanya sudah 5 tahunan tidak difungsikan. Bahkan, dalam kantor kata dia tidak ada atribut apapun, selama ini pelayanan dilakukan di rumah pribadi masing-masing perangkat.

"Kadang melayani di jalan-jalan, saya secara pribadi tidak mengerti ada apa dibalik semua ini. Kalau menggunakan lampu di malam hari enak, kalau tidak ada lampu di tempat gelap kan susah. Harusnya setiap pemerintahan Desa punya tempat dan fasilitas untul melayani," keluh Vera.

Kepala Desa Makmur Jaya, Kahar melalui pesan WhatsApp menepis anggapan bila kantornya jarang dibuka, "Kami buka terus kok! Setiap pelayanan kami bukan di kantor saja, dibmana-mana juga bisa," ungkapnya

Kahar menjelaskan, bahwa semenjak dirinya baru menjabat kondisi kantor desanya sudah demikian. Meski demikian, kata Kahar, pihaknya melayani masyarakat bisa di jalan-jalan dan masyarakat ada yang datang langsung ke rumahnya.

Reporter: Anton
Editor: Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga