Sabtu 24 Desember 2022

Relawan Wali  Bangun Rumah Lansia Yang Tinggal Bersama Kambing

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat relawan Wali membangun rumah nenek Suryani, Doc: Tahrir

PUBLIS.ID, JEMBER - Mbok Suryani warga Dusun Pondok Jeruk Desa Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember mengaku senang dan terharu ketika relawan Wringinagung Peduli (Wali) bersama Bolo Saif  mendirikan rumah untuknya yang dilengkapi dengan perabotan rumah dan sembako.

Ketua relawan Wali, Nur Yasin menuturkan, perempuan lanjut usia ini merupakan salah satu warga miskin yang hidupnya serba kekurangan. Untuk makan sehari-hari Mbok Suryani bekerja mengais sisa hasil panen di sawah (Ngasak). Ketika musim panen habis terkadang membantu tetangga kanan kiri menyapu atau mencuci piring dengan upah ala kadarnya. Itupun kalau ada yang minta tolong.

"Selama ini Mbok Suryani tinggal dan tidur sendirian di sebuah kandang Kambing milik tetangga dengan kondisi memprihatinkan. Atap dan dinding bambu banyak yang bocor dan berlubang," kata Nur Yasin.

Ia menambahkan, bahwa relawan Wali terbentuk tahun 2019 silam. Dimana komunitas sosial ini bukan hanya membangun rumah saja. Relawan Wali akan bergerak tanpa diminta bila ada warga yang membutuhkan bantuan.

"Kita selalu membantu warga seperti memperbaiki jalan rusak, mengantarkan dan mengurus orang sakit di Rumah Sakit maupun Puskesmas sampai biaya pengobatan kita tanggung," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Moch Rosiful Akli mewakili Kades Wringin Agung menerangkan bahwa Suryani telah mendapat bantuan dari Pemerintah berupa Baksos yakni BLT sejak Tahun 2020.

“Bukan itu saja, beberapa jenis bantuan dari Pemerintah yang lain juga dapat. Terkait kabar adanya potongan bantuan oleh perangkat, itu sudah kami selesaikan bersama Muspika," kata Rosif.

Reporter: Imam Tahrir Fauzi
Editor: Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga