Sabtu 16 Mei 2020

Ramadhan Berkah, Sejumlah Aktifis di Situbondo Kembali Berbagi Kepada Fakir Miskin

Oleh Redaksi, PUBLIS

Anggota Pergerakan Kesejahteraan Bangsa (PERKASA) saat berbagi sembako di desa-desa di kecamatan Kapongan. (Foto : AR/Publis)


PUBLIS.ID, Situbondo - Upaya kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu, sejumlah aktifis yang tergabung dalam Pergerakan Kesejahteraan Bangsa (PERKASA) kembali berbagi sembako di desa-desa kecamatan Kapongan. Sebagaimana pantauan media publis.id bahwa giat sosial kali ini dilakukan oleh sejumlah aktifis yang tergabung dalam lembaga PERKASA yang berasal dari berbagai latar belakang berbeda antara lain : akademisi, praktisi, jurnalis, pengusaha, aktifis kepemudaan serta pegiat desa. Turut mendampingi dan mendukung penuh dalam gait tersebut antara lain PELDA Masturi bersama Wahid Koramil 0823/03 kecamatan kapongan.


Ketua lembaga PERKASA Moh. Sadik mengatakan kegiatan bakti sosial ini telah diselenggarakan beberapa kali di desa-desa kecamatan kapongan, dengan sasaran penerima manfaat yaitu keluarga kurang mampu, utamanya lanjut usia yang tidak bisa bekerja. "Baksos semacam ini direncanakan akan digelar secara rutin, sementara kami telah mengunjungi sebagian masyarakat miskin di desa-desa kecamatan kapongan diantaranya Desa seletreng, wonokoyo, landangan Dan Desa Peleyan" pungkasnya. 


Disamping itu pelda masturi selaku wakil danramil kapongan beserta anggota memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap giat baksos yang diselenggarakan oleh Lembaga PERKASA. "Diharapkan bagi masyarakat kurang mampu termasuk yang terdampak pandemi virus di wilayah kecamatan kapongan tersentuh oleh bantuan serta mampu meringankan sedikit beban kebutuhan kesehariannya" harapnya. 


Sedangkan menurut Faisol Afandi selaku pembina Lembaga PERKASA menjelaskan tentang giat sosial ini merupakan program rencana rutinitas yang akan dilakukan oleh pihak lembaga dengan komitmen bersama untuk peduli sesama dan berbagi terhadap masyarakat.

"Kegiatan tersebut sumber pendanaannya dari iuran anggota dan sumbangan sosial lainnya, Sementara kami hanya dapat menyentuh puluhan warga desa di kecamatan Kapongan, dengan tujuan setidaknya mampu membantu meringankan beban kebutuhan masyarakat kurang mampu", ungkapnya.

Hal berbeda Ketua lembaga perkasa menambahkan ketika dirinya berkunjung baksos ke desa-desa diketahui terdapat beberapa keluarga penerima manfaat yang sama sekali tidak tersentuh oleh program bantuan sosial pemerintah baik PKH, BPNT dan program pemerintah lainnya. "Kami berharap kepada pemerintah desa di kecamatan kapongan agar lebih peka dan peduli terhadap warganya yang kurang mampu sebab ketika kami berkunjung dijumpai sejumlah keluhan dan pesan kepada rekan-rekan kami", Tegas aktifis itu. Selanjutnya Syaiful bahri selaku kordinator devisi advokasi dan kaderisasi di Lembaga Perkasa menyampaikan tujuan utama giat sosialnya selain untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu juga membangun kesadaran bersama agar peduli terhadap sesama.

 "Kami juga mendata sejumlah keluarga penerima manfaat yang dinilai belum sama sekali tersentuh bantuan dari pemerintah mulai dari kondisi rumah, ekonomi dan lingkungan kesehariannya", pungkasnya. (AR).


Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga