Senin 26 Oktober 2020

Raih Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional, Rizal Dapat Apresiasi Plt Bupati Jember

Oleh Redaksi, PUBLIS

Rizal, Doc: Pemkab Jember untuk Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Abdul Rofiq Badril Rizal MZ meraih juara 1 di bidang inovasi teknologi setelah membuat aplikasi pengelolaan sampah Kertas Pedia. Plt. Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, merasa bangga dengan keberhasilan Rizal, yang telah meraih juara 1 sebagai pemuda pelopor tingkat nasional di bidang inovasi teknologi.

“Saya merasa berbahagia sekali, putra Jember berhasil menjadi pemenang juara nasional,” terang Plt. Bupati di rumah dinasnya, Senin, 26 Oktober 2020. Atas keberhasilan itu, Plt. Bupati menyerahkan piagam penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Jember.

Menurutnya, karya Rizal sangat produktif. Masalah sampah saja bisa menjadi juara nasional, apalagi potensi yang lain. Pengelolaan sampah serupa juga dilakukan oleh santri. Karena itu, Kiai Muqit berharap bisa disinergikan. “Terus berprestasi, karena ini masih pintu masuk ke prestasi selanjutnya,” pesannya.

Sementara itu, Rizal yang berasal dari Kecamatan Mumbulsari itu menjelaskan, Kertas Pedia adalah platform manajemen sampah berbasis aplikasi digital. “Bisa di-download di play store,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Kertas Pedia dapat bersinergi dengan pemerintah untuk pengelolaan sampah dengan mekanisme manajemen sampah berbasis digital. Pemuda lulusan S2 Sydney Australia itu menyatakan, aplikasi ini sudah berjalan di 13 kabupaten / kota di Jawa Timur, dan bekerjasama dengan salah satu BUMD Pemprov Jatim. (BA)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga