Jumat 03 Januari 2020

Prof. Yunahar Ilyas, Ketua PP Muhammadiyah Meninggal Dunia

Oleh Redaksi, PUBLIS

Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. (Photo: suaramuhammadiyah.id)

PUBLIS.ID, Yogyakarta - Salah satu ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Periode 2015-2020, sekaligus Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag., dikabarkan meninggal dunia pada hari Kamis, 02 Januari 2020, pukul 23.47 WIB di Rumah Sakit Sarjito, Yogyakarta. Kabar meninggalnya Yanuhar diumumkan Muhammadiyah melalui Twitter pada hari Jumat tanggal 03 Januari 2020 dinihari Waktu Indonesia Barat.


 

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr. Agus Taufiqurrahman mengatakan, sosok Prof Yunahar Ilyas yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). merupakan ulama besar yang sangat tinggi dedikasi terhadap dakwah islam.


"Bahkan dalam kondisi kurang sehatpun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau," kenang Agus Taufiqurrahman.


Agus juga menjelaskan bahwa beliau ikut serta selama ini mendampingi Prof Yunahar, “Semula almarhum dalam rangka persiapan cangkok ginjal. Namun karena kondisi Prof Yunahar menurun dan kemudian dirawat di ICU,".


Melalui laman web muhammadiyah.or.id pelepasan jenazah Prof. Yunahar Ilyas akan dilakukan di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pada pukul 13.00 WIB. Setelah pelepasan, jenazah akan di makamkan di Pemakaman Muslim Karangkajen. Saat ini jenazah tengah berada di Kantor PP Muhammadiyah Cik Ditiro No 23 Yogyakarta, dan akan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pada pukul 10.30 WIB.


Sebagai informasi, Prof. Yunahar Ilyas yang merupakan putra Bukittinggi kelahiran 22 September 1956 ini menjadi anggota Muhammadiyah sejak 1986. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah. Sehari-hari Prof. Yunahar Ilyas bekerja sebagai Dosen atau Guru Besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak tahun 1987. (AMR).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga