Kamis 23 Desember 2021

Polsek Mayang Amankan Pelaku Pencurian Bibit Porang

Oleh Redaksi, PUBLIS

Foto Pelaku Pencurian Bibit Porang.

PUBLIS.ID, Jember - Pencurian 3.000 (tiga ribu) bibit tanaman Porang dilahan atau kebun yang terletak di Dusun Plalangan Desa Tegalwaru Mayang, pada tanggal 16 Desember 2021 lalu, akhirnya berhasil di amankan oleh Unit Reskrim Polsek Mayang, Rabu (22/12).


Iptu Bejul Nasution, Kapolsek Mayang membenarkan adanya tindak pidana pencurian oleh seorang yang berinisial MS (51 th) warga Tegalwaru.


Kapolsek Mayang menjelaskan kronologi kejadian," awalnya pada hari Kamis tanggal 16 Desember 2021 pukul 16.00 wib, korban yang bernama Juharto (43), mendatangi lahan miliknya yang ditanami bibit porang sejumlah 9.000 (sembilan ribu) bibit namun mendapati sebagian lahan yang ditanami bibit porang sudah tidak ada sekitar 3.000 (tiga ribu) selanjutnya korban curiga bahwa bibit porang yang ditanamnya telah dicuri selanjutnya korban melaporkan kejadian tersebut ke petugas polsek mayang".


"Setelah dilakukan penyelidikan oleh petugas polsek mayang dan korban mendapatkan informasi bahwa tersangka sering menjual bibit porang dengan jumlah banyak, selanjutnya dilakukan pengintaian oleh petugas dari polsek mayang dan korban disekitar lahan ternyata benar tersangka datang ke lahan tanaman porang milik korban dan langsung mengambil bibit porang yang sudah ditanam dgn menggunakan sabit selanjutnya dimasukkan ke dalam karung", jelas Iptu Bejul Nasution menambahkan.


Dengan adanya hal tersebut langsung dilakukan penangkapan terhadap tersangka namun tersangka sempat melarikan diri akan tetapi berhasil dilakukan penangkapan setelah dilakukan interograsi akhirnya tersangka mengakui telah lima kali secara berturut - turut mulai hari Senin, pada tanggal 13 Desember 2021 sampai dengan hari Kamis tanggal 16 Desember 2021 melakukan pencurian bibit porang dilahan milik korban, total kerugian yg dialami korban sebesar Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah).


Hasil pemeriksaan saksi Moh Irfan selaku penyuplai bibit porang bahwa benar korban telah membeli bibit porang kepada saksi dengan harga Rp.2.500,- (dua ribu lima ratus rupiah) per satu bibit porang. MS (Pelaku) merupakan residivis dan pernah dihukum terkait perkara pencurian dengan kekerasan.


"Saat ini kami sudah mengamankan barang bukti dan pelaku untuk di selidiki lebih lanjut, sesuai dengan Pasal 362 KUHP Jo Pasal 65 KUHP", lanjut Kapolsek Mayang.


Sumber: Humas Polres Jember

Publisher: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga