Senin 05 April 2021

Polisi Reka Ulang 11 Adegan Pembunuhan di Jember

Oleh Redaksi, PUBLIS

Reka Ulang Tohid ketika membacok Sukari, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Tim Inafis Polres Jember bersama Polsek Kencong melakukan reka ulang adegan pembunuhan di Dusun Krajan, Desa Cakru, Kecamatan Kencong, Senin 5 April 2021.

Total ada 11 adegan pembunuhan yang dilakukan Tohid (40 Tahun) kepada korbannya Sukari (39 Tahun). Ia tega menghabisi Sukari lantaran terbakar api cemburu.

Sebelum indsiden berdarah, Istri Tohid, Ponasri bercerita bila telah selingkuh dengan Sukari selama 6 tahun. Ingat dengan cerita Ponasri, Minggu pagi 7 Maret 2021, Tohid kalap mata dan seketika membacok Sukari.

Meski demikian, Tohid mengaku tidak berniat membunuh Sukari. Saat itu ia hendak ke sawah, di perjalanan melihat Sukari di depan rumahnya, dipanggil tidak digubris dan seketika itu Tohid menghampiri dengan sebilah celuritnya.

Saat reka ulang, di Halaman Mapolsek Kencong, 11 adegan diperagakan dengan sejumlah saksi, "Mulai bertemu dengan korban sampai dengan akhir korban dibawa ke RS dan tersangka diamankan," ujar Kapolsek Kencong Adri Santoso usai reka ulang.

Tujuan reka ulang, sambung Adri, untuk menggambarkan bahwa tindak pidana telah terjadi. Sehingga untuk meyakinkan Jaksa agar bisa memahami bahwa ini benar-benar pidana yang dilakukan dengan adegan peradegan.

Menurut Adri, gelar rekontruksi tidak harus dilakukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) , terpenting bisa menggambarkan suatu tindak pidana benar-benar fakta.

Adri menjelaskan, adegan pertama diperagakan tersangka sedang ngobrol dengan istrinya. Tersangaka mengeluh kondisi ekonomi yang dirasa semakin berat. Saat itu istri tersangka mengaku bahwa dia telah berselingkuh dengan korban selama enam tahun.

Adegan kedua menceritakan tersangka menemui korban di rumahnya karena terbakar cemburu usai pengakuan sang istri. Kemudian dilanjutkan dengan berikutnya di mana tersangka melakukan pembacokan dan penganiayaan berkali-kali secara membabi buta.

Tampak tersangka berkali-kali mengarahkan bacokan ke kepala korban, hingga korban tersungkur tidak berdaya. Selanjutnya anak korban Muhammad Salman (18 Tahun) langsung berlari mencari bantuan yang direspon oleh Junaedi, tetangga korban.

Akhirnya Junaedi berhasil merampas celurit dari tersangka dan selanjutnya korban dilarikan ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan pertolongan medis juga digambarkan bagaimana proses penangkapan tersangka hingga diamankan ke Mapolsek Kencong untuk penyelidikan lebih lanjut.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar 

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga