Kamis 08 April 2021

Pilkades Serentak 2021 di Jember Gratis

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat Bupati Jember sosialisasi Pilkades serentak Agustus mendatang, Doc: Fahmi for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Kabupaten Jember rencananya bakal menggelar Pilihan Kepala Desa (Pilkades) bulan Agustus mendatang, total 59 desa, baik yang Pilkades maupun Pergantian Antar Waktu (PAW).

Tidak seperti Pilkades tahun sebelumnya, di mana Calon Kepala Desa masih dikenai beban biaya. Pilkades yang akan datang, semuanya gratis sebab dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Sebagaimana yang disampaikan Bupati Jember Hendy Siswanto bahwa kebijakan pelaksanaan Pilkades serentak di Jember, sepenuhnya dibiayai APBD secara proporsional, dengan memperhitungkan jumlah Daftar Pemilihan Sementara (DPS).

Sedangkan bentuk bantuan keuangan khusus, nanti akan disalurkan ke rekening kas desa, untuk kebutuhan surat suara, kotak suara, kelengkapan peralatan lain, honor panitia dan biaya pelantikan.

“Ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat semua, untuk ikut Pilkades,” kata Bupati Jember H. Hendy Siswanto usai Rapat Konsolidasi dengan Kepala Desa, Lurah dan Camat Sekabupaten Jember, Kamis 8 April 2021.

Hendy memprediksi, pelaksanaan Pilkades maupun Pilkades Pergantian Antar Waktu (PAW) bulan Agustus mendatang. Jadi mulai saat ini pengumuman sebab agustus sudah coblosan. Ia berharap, Kepala Desa menjadi ujung tombak kemakmuran desa sehingga nanti diikuti kabupaten/kota.

“Makanya, kades kita kuatkan dan kita berikan kemudahan, supaya masyarakatnya juga makmur,” ucapnya, di Aula PB. Sudirman Pemkab Jember.

Sedangkan untuk sumber biaya protokol kesehatan Pilkades, diambilkan dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Dana Desa (DD) yang delapan persen.

Bupati menyebut, ada sekitar 59 desa di Jember yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa. Pihaknya mengajak Pilkades mendatang dapat dilaksanakan dengan mudah, jujur, aman serta memegang prinsip keadilan.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga