Rabu 02 September 2020

Petik Laut, Melestarikan Tradisi Masyarakat Pesisir Jember

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Faida saat hadir di acara Petik Laut, Doc: Fahmi/Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Guna melestarikan tradisi yang sudah berlangsung secara turun temurun, masyarakat pesisir Jember yang rata-rata sebagai nelayan kembali menggelar petik laut, ritual yang diselenggarakan setahun sekali.

Selain untuk melestarikan tradisi, juga sebagai bentuk wujud syukur atas limpahan rahmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Upacara petik laut yang diselenggarakan di tengah masa pandemi Covid-19 tersebut, tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Meski di masa Pandemi Covid 19 namun tidak mengurangi kebiasaan tata cara petik laut seperti kirab Larung sesaji membawa kepala sapi dan arasemen berbentuk rumah, jukung dan kapal laut yang akan dilarung ke laut Puger keliling desa.

Hadir dalam kegiatan petik laut ini, Bupati Jember dr.Hj.Faida.MMr bersama Camat puger Winarno beserta segenap Muspika kecamatan Puger, kepala desa puger wetan Inwanulloh dan segenap perangkat Pemdes Puger wetan serta warga nelayan setempat.

Bupati Jember dr.Faida, memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara petik laut, Ia mengatakan, petik laut sendiri adalah dalam upaya melestarikan tradisi khususnya masyarakat pesisir.

“Petik laut ini merupakan tradisi masyarakat pesisir yang sudah turun-temurun dari nenek moyang." ujar bupati di depan segenap warga nelayan puger wetan yang hadir, Rabu 2 September 2020

"Jangan meninggalkan tradisi karena tradisi seperti ini adalah sebagai bentuk wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan wujud syukur ini perlu dilestarikan, yang terpenting semangat kebersamaan.” tambahnya.

Kepala desa Puger wetan Inwanullah mengatakan petik laut adalah tradisi yang menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan warga Puger yang dimaknai sebagai ungkapan wujud syukur atas apa yang didapat selama ini di laut.

"Warga Puger wetan khususnya, rata rata mata pencariannya adalah sebagai nelayan atau menangkap ikan dilaut, maka seyogyanyalah warga  mengucapkan rasa sukur karena  mendapatkan ikan sebagai penghasilan sehari - hari." ungkapnya. (*)

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga