Rabu 29 Juli 2020

Penuhi Kebutuhan Elpiji Jelang Idul Adha, Pertamina Terus Operasi Pasar

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat operasi pasar berlangsung, Doc: Oscya/Publis.id

PUBLIS.ID, PONTIANAK - Menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, kebutuhan akan elpiji pasti meningkat. Seperti di Kalimantan Barat, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Pertamina wilayah Kalimantan Barat terus bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat menggelar operasi pasar untuk elpiji.

Khususnya, elpiji subsidi atau tabung gas tiga kilogram di sejumlah wilayah. Setelah sebelumnya di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, kini Pertamina kembali melakukan operasi pasar yang digelar di Kabupaten Sambas dan Kota Singkawang.

"Operasi pasar elpiji subsidi tersebut kami gelar dalam rangka memudahkan masyarakat yang berhak dan usaha mikro dalam mendapatkan elpiji tabung tiga kilogram, dengan harga jual sesuai HET (Harga eceran tertinggi)," kata Sales Branch Manager II, Pertamina Wilayah Kalbar, Avip Noor Yulian di Pontianak, Rabu 29 Juli 2020.

Dia menjelaskan, tabung elpiji yag didistribusikan di titik operasi pasar tersebut sesuai jumlah yang direkomendasi Pemda setempat. Hal ini juga agar yang ikut membeli adalah masyarakat yang berhak.

"Maka disyaratkan menggunakan KTP dan KK, dan hanya boleh membeli satu tabung saja. Hal itu dilakukan agar yang membeli juga tidak orang itu saja," tuturnya.

Operasi pasar yang digelar di Kota Singkawang, Selasa (28/7/2020) dilakukan di empat titik dengan total 2.240 tabung. Masing-masing titik 560 tabung. Yakni di halaman Kantor Camat Singkawang Tengah; Kantor Lurah Roban, Kantor Camat Singkawang Barat dan di depan Puskesmas Pasar, Jalan Salam Diman.

Kemudian operasi pasar juga dilakukan hari ini, Rabu (29/7/2020) di tiga titik secara serentak. Yakni di halaman Kantor Camat Singkawang Selatan, Kantor Lurah Sijangkung dan Kantor Camat Singkawang Timur. "Masing-masing titik operasi pasar menyediakan 560 tabung untuk dibeli oleh masyarakat," kata Avip.

Nantinya, Kamis (30/7/2020), sebanyak 2.240 tabung elpiji akan disebar di empat titik operasi pasar. Yakni di halaman Kantor Camat Singkawang Utara, Kantor Lurah Setapuk Besar, Kantor Lurah Roban, dan Kantor Camat Singkawang Timur.

"Kami juga akan melakukan operasi pasar pada daerah-daerah, baik di Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas sesuai dengan permintaan daerah setempat dalam memenuhi permintaan masyarakat," tambahnya.

Kemudian untuk di Kabupaten Sambas pada hari ini Rabu (29/7/2020) dilakukan operasi pasar, yakni di Kecamatan Tebas, yang terbagi empat titik. Yakni Desa Serindang sebanyak 1.120 tabung, kemudian di Pangkalan Kongsi sebanyak 1.120 tabung, Tebas Sungai 2.240 tabung, Segarau Parit 560 tabung, kemudian di Kecamatan Jawai dua titik, yakni di Desa Sentebang sebanyak 1.120 tabung dan Mutus Darussalam sebanyak 560 tabung.

Jawai Selatan di tiga desa, yakni Desa Matang Terap sebanyak 1.120 tabung, Jelu Air 560 tabung, Semperiuk B sebanyak 560 tabung.

Kemudian, Kamis (30/7/2020) operasi pasar juga akan dilakukan di Kecamatan Tangaran di halaman kantor camat sebanyak 1.120 tabung, di halaman Kantor Camat Teluk Keramat sebanyak 1.120 tabung, Desa Sepadu sebanyak 1.120 tabung.

Kemudian di Kecamatan Selakau, Sungai Daun 560 tabung, Desa Bentunai 560 tabung dan di halaman Kantor Kecamatan Paloh sebanyak 1.120 tabung, atau total operasi pasar untuk di Kabupaten Sambas sebanyak 14.560 tabung.

"Pertamina memiliki produk elpiji atau elpiji non subsidi Bright Gas bagi masyarakat mampu. Varian Bright Gas yaitu 220 gram, 5,5 kilogram, dan 12 kilogran. Kami berharap masyarakat yang tidak berhak membeli elpiji subsidi segera beralih ke Bright Gas," harap Avip. (oks)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga