Senin 25 Oktober 2021

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat seminar online berlangsung di ABY Hotel Lumajang, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, LUMAJANG - Peran orang tua dalam pembelajaran daring di massa Pandemi sangat penting, sebab sang buah hati terkadang kesulitan mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) lewat layar empar inci.

Oleh sebab itu, orang tua harus hadir mendampinginya. Demikian krusial peran orang tua, membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) menggelar seminar online literasi digital dengan tema "Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi".

Hadir sebagai narasumber, Legislator PKB DPR RI dari Komisi I Drs. H.M. Syaiful Bahri Anshori, M.P, Dirjen APTIKA Kementrian Kominfo RI Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, Ketua PC Fatayat NU Lumajang serta Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Ibu Lailatul Qodriyah, S.S, M.Pd.I

Seminar online ini diselenggarakan pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 melalui platform zoom meeting dan luring di ABY Hotel. Diikuti 120 peserta secara daring dan 30 peserta secara offline. Seminar ini merupakan bentuk dukungan Kementrian Kominfo terhadap peningkatan literasi digital di Indonesia, sehingga dapat mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi.

Dalam sambutannya, Syaiful Bahri menjelaskan pentingnya peran orang tua dalam aktivitas sang buah hati di dalam dunia digital, termasuk pada pembelajaran daring. Ia menyarankan orang untuk selalu hadir di saat putra putrinya mengalami kesulitan belajar.

Sementara Samuel memberikan sambutannya melalui bentuk video. Ia mengingatkan terkait pentingnya upaya meningkatkan literasi digital masyarakat, demi suksesnya trasnformasi digital di Indonesia. "Salah satu usaha meningkatkan literasi digital adalah dengan mengikuti acara webinar kali ini," katanya.

Sementara Lailatul Qodriyah memberikan alasan pentingnya peran orang tua. Kata dia, salah satunya harus mampu menciptakan suasana yang nyaman bagi anak. Sehingga, anak tidak mudah stres dengan sekian tugas yang diberikan oleh guru. Apalagi, pembelajaran daring menjadikan pekerjan sekolah anak semakin menumpuk.

Lailatul mengimbau untuk para orang tua agar meluangkan waktu kepada sang buah hati untuk membangun interaksi yang positif. Agar dapat memberikan efek baik bagi perkembangan anak.

Sumber: Rilis Kemenkominfo
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga