Selasa 16 Maret 2021

Pendamping Desa Sudah Ingatkan Tiga Kali Terkait Dana BUMDes Desa Purwoasri

Oleh Redaksi, PUBLIS

Ilustrasi dana BUMDes, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Pendamping Desa Kecamatan Gumukmas sampai mengingatkan tiga kali terkait Dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Purwoasri.

PD Kecamatan Gumukmas, Riza Amrullah mengatakan, terkait dana BUMDes dirinya sebagai pendamping hanya sebagai fasilitator, eksekutornya Kepala Desa.

"Kami sudah mengingatkan sudah ketiga kalinya. Waktu itu, terakhir malam Sabtu, saya mengingatkan secara lisan agar segera diselesaikan sebab sudah melewati tahun anggaran," ujar Riza, Selasa 16 Maret 2021.

Kata Riza, Kepala Desa janjinya haris Kamis, terus demikian janji hari Kamis. Terkait Surat Pertanggungjawaban Desa Purwoasri juga belum selesai sebab dana BUMDes bermasalah dan belum SPJ.

Sepengetahuan Riza, dana BUMDes tahun 2020 memang belum disetorkan ke rekening BUMDes dan masih ada di Kepala Desa. Tapi, Riza mengaku tidak mengetahui uang tersebut digunakan untuk apa.

"Akhirnya, saya sampai tiga kali itu mengingatkan agar dananya segera diberikan kepada pengurus BUMDes karena ini sudah lewat tahun anggaran," terangnya.

Terkait dana BUMDes tahun 2019, Riza tidak mengetahui secara pasti dana BUMDes dibelikan berapa ekor sapi. Tapi, sapinya sudah terjual. Hanya saja, Kepala Desa beralasan uangnya masih ada kepadanya, intinya demikian.

"Tidak tau kenapa belum diberikan kepada Pengurus BUMDes. Kita pendamping berjenjang dan sudah sering koordinasi selanjutnya yang berwenang memberikan teguran kecamatan," jelasnya.

Riza mengaku sudah koordinasi dengan kecamatan, sebelum ini mencuat. Terkait di tingkat kabupaten, semisal terus berlanjut pastinya nanti berjenjang.

Reporter: Robith
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga