Kamis 24 September 2020

Pemkab Jember Kembali Cairkan BTT Gelombang Kedua untuk 3.113 Insan Pariwisata

Oleh Redaksi, PUBLIS

Insan pariwisata saat di Aula Pemkab Jember, Doc: Fahmi/Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Pemkab Jember kembali mencairkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk 3.113 insan pekerja usaha pariwisata dan seni budaya di Kabupaten Jember. Bantuan tersebut untuk meringankan beban mereka yang terdampak oleh pandemi Covid-19 dan bantuannya masuk ke jaring pengaman sosial sampai kondisi ekonominya lebih baik.

Demikian disampaikan Bupati Jember dr. Faida MMR saat Acara penyerahan bantuan itu berlangsung secara daring di sejumlah kantor kecamatan. Sementara Bupati Faida menyerahkan secara simbolis di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Kamis, 24 September 2020.

Bantuan yang diterima berupa tunai sejumlah Rp. 600.000 dalam satu amplop, yang kali ini diterima menjadi tiga amplop untuk bantuan selama 3 bulan. Bantuan ini merupakan gelombang kedua. “Ini bukan pengganti penghasilan yang hilang, karena orang berkreasi tidak pernah persis sama dengan yang dihasilkan setiap bulan,” tutur Bupati Faida.

Kelompok yang menerima bantuan untuk jaring pengaman sosial ini, meski sehat tetap bisa menerima bantuan kesehatan berupa APD, rapid test, dan lainnya. “Tidak ada cara lain untuk selamat bersama-sama dengan menjaga diri dan kesehatan dengan baik,” pesan Bupati Faida.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, Dannie Allcholin, ST., M.Si., menjelaskan, dampak dari pandemi Covid-19 dirasakan 16 segmen insan pariwisata dan seni budaya. Mereka tidak mendapatkan pekerjaan, hingga masuk dalam kreteria penerima bantuan. “Kriteria yang mendapat bantuan ini adalah insan pelaku usaha pariwisata dan seni budaya yang terdampak Covid-19 untuk yang dirumahkan,” terangnya.

Menurut Dannie Allcholin, mereka tidak mendapatkan pekerjaan selama situasi pandemi dari bulan Maret. Ada juga yang memang tetap bekerja, tapi usahanya tidak selancar pada saat bukan pandemi. “Untuk gelombang pertama sudah dilakukan di Sembilan kecamatan pada tanggal 13 Agustus 2020,” terangnya. (BA)

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga