Kamis 14 Oktober 2021

Pemkab Jember Akan Menyiapkan 9 Miliar untuk Memenuhi Kebutuhan Pupuk

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Jember saat berkunjung ke kelompok tani, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Kelangkaan pupuk subsidi menjadi persoalan utama petani beberapa tahun terakhir. Guna menjawab persoalan tersebut, Pemkab Jember berencana menggelontorkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar 9 Miliar untuk penyediaan Pupuk Subsidi.

Bupati Jember Hendy Siswanto saat berkunjung ke Kelompok Tani (Poktan) Bina Tani di Dusun Krajan, Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari mengatakan, Pemkan Jember akan mensuport petani dengan menganggarkan 9 miliar untuk penyediaan pupuk, Kamis 14 Oktober 2021.

Hendy menjelaskan bahwa nggaran tersebut sebenarnya masih belum cukup, sebab Pemkab masih harus menghitung biaya semuanya, Mengingat kesediaan keuangan sangat terbatas. Ia berjanji tahun depan akan menganggarkan kembali.

Komisi C DPRD Jember, Siswono mendukung langkah yang diambil Hendy, namun pengelolaannya harus tepat. Kata dia, ada dua pola pengelolaan, pertama dikelola kelompok tani langsung, kedua dikelola Dinas.

Politisi asal Partai Gerindra ini berharap, langkah itu dapat mengurangi ketergantungan petani dalam menggunakan pupuk urea. "Jadi, lebih pada pupuk NPK atau organik itu yang dioptimalkan. Sehingga ketergantungan terhadap pupuk Urea sedikit berkurang." harapnya.

Reporter: Imam
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga