Jumat 30 September 2022

P3MD Inhil Sampaikan Apresiasi Keterbukaan Informasi Desa Sungai Intan

Oleh Redaksi, PUBLIS

PUBLIS.ID, TEMBILAHAN - Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Indragiri Hilir (Inhil) memberikan apresiasi atas keberanian Pemerintah Desa Sungai Intan dalam membuka akses informasi keterbukaan tentang segala hal yang berkaitan dengan Rencana Pembangunan, Capaian Pembangunan, Rencana Pembangunan serta sumber dana alokasi yang ada berikut peruntukannnya.Tidak hanya melalui papan dan Baliho informasi yang dipasang di ruang terbuka. Namun juga memanfaatkan kanal informasi yang mudah diakses masyarakat pengguna sosial media.


Dengan sistem satu pintu melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa (PIDD). Hal ini disampaikan Tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa P3MD Kabupaten Inhil, Muhammad Thawaf, saat menghadiri Musyawarah Desa Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2023, pada Kamis 29 September 2022.


"Kami dari Kabupaten terus terang memantau semua Desa di Inhil, apa-apa yang dilakukan Desa, terkait capaian atau progres target eksekusi Pembangunan dan penggunaan alokasi dana untuk non fisik lainnya yang telah digariskan dalam aturan mainnya saat ini. Nah, khusus untuk Desa Sungai Intan, ada yang Istimewa disini, desa ini berani membuka diri untuk keterbukaan Informasi Publik. Kalaulah cara semacam ini, dilakukan juga oleh desa-desa lainnya, saya kira tidak akan ada lagi desa yang bermasalah. Sungai Intan bisa dijadikan dicontoh, disini kita lihat PPID nya ada, Kotak saran dan kontak kritik saran ada tersedia. Media sosial Youtube dan Facebook nya aktif. Keterbukaan informasi publik ini memang diamanahkan didalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008," ujarnya.


Sementara itu Kepala Desa, Ahmad Ependi mengatakan, "Dengan keterbukaan informasi publik ini diharapkan mampu menepis sakwasangka masyarakat tentang penggunaan alokasi dana yang ada, karena apa yang dikerjakan, dengan perpegangan pada RKP Desa yang masuk dalam RPJMDes. diekpose dengan update kepada masyarakat dan media," ucapnya.


"Kita bekerja ini, tentu selain ekspose secara internal, juga tidak terlepas kawan-kawan wartawan mitra strategis kita, yang membantu ekspose melalui kanal media, baik cetak, online maupun elektronik, dan Alhamdulillah apresiasi diberikan oleh Pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten maupun pemerintah Provinsi, yang  tentu saja saat ini kita masuk satu dari tiga desa, masuk nominasi desa anti korupsi tahun 2022 tingkat Provinsi Riau, yakni untuk ajang nominasi Desa anti korupsi KPK RI," terang Ahmad Ependi


Reporter: Rhama Melo

Publiser: Fahmi

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga