Kamis 12 Agustus 2021

Musda AKD, Kades Bangsalsari Terpilih Secara Aklamasi

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Jember saat memberikan sambutan Musda AKD, Doc: Eva for publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Musyawarah Daerah (Musda) Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Jember di Pendapa Wahyawibawagraha pada Kamis siang 12 Agustus 2021, menetapkan Kepala Desa Bangsalsari Nurkholis sebagai ketua terpilih secara aklamasi.

“Ini tidak main-main, biasanya masih menunggu lagi, cara pemilihan ini berlangsung dengan baik, penuh dengan kekeluargaan, musyawarah tetap di ke depankan, ini demokrasi sudah jelas kekuatan kekeluargaan menyatukan di situ,” ujar Bupati Hendy kepada sejumlah media, usai mengukuhkan ketua AKD terpilih.

Hendy menjelaskan, pemilihan ketua AKD kali ini berlangsung saat Pandemi sehingga tidak membutuhkan proses yang lama. Dan, telah disepakati Sekretaris dan Bendaharanya. Padahal, AKD merupakan komunitas besar namun Musda berlangsung secara singkat hingga langsung dikukuhkan, proses tersebut, kata Hendy, membuatnya terkesan.


"Semangat ini akan membuat kami termotivasi, terutama  sebagai penanggung jawab di daerah ini akan mensuport teman-teman kades yang jumlahnya 226 desa termasuk 22  kelurahan yang ada,” bebernya. Pihaknya berharap, AKD dapat menjadi wadah sebagai penghubung antara 226 Kepala Desa, sehingga mempermudah jalur koordinasi, baik dengan jajaran internalnya, jajaran atas maupun samping.

"Kalau datang dengan membawa program satu persatu, akan membuat repot pemerintah. Adanya asosiasi tentunya akan mempermudah jalur koordinasi, meski kebutuhannya berbeda. Misalnya, kalau membuat program pembuatan jalan, bisa disinkronkan dan lebih efisien. Koordinasi yang efisien akan membuat  saling dukung satu sama lain, termasuk misalnya bisa saling  membeli, saling membayar sendiri produk di desa, seperti beras, serta kebutuhan satu desa dengan lainnya,” terang Hendy.

Reporter: Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga