Senin 23 Agustus 2021

Meski Diinventarisir, Pemkab Jember Tetap Akan Ajak Kerjasama Pengusaha yang Menjamur di Sepanjang Pantai Selatan

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Jember saat berkunjung ke Pantai Maceme Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Doc: Fahmi for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER – Pemerintah Kabupaten Jember berencana akan mematenkan hak milik tanah di sepanjang pesisir laut selatan, mulai dari ujung Timur Pantai Bandealit hingga ujung barat perbatasan dengan Kabupaten Lujajang. Sementara ini, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, akan melakukan sertifikasi di tiga titik tanah yang statusnya milik negara, diantaranya di Desa Mujomulyo, Kecamatan Puger dengan luas 8 Hektar dan 5,6 Hektar kemudian di Desa Mayang, Kecamatan Gumukmas 9,8 Hektar.

Hal tersebut, Hendy sampaikan saat  berkunjung ke Pantai Mecema di Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas didampingi wakilnya MB. Firjaun Barlaman dan Kepala Kantor Badan Pertanahan (BPN) Sugeng Mulyo Santoso, Senin 23 Agustus 2021. “Masalah penggunaannya bagaimana. Nanti tentunya untuk kemaslahatan masyarakat yang tinggal di pinggir Pantai dan mungkin nanti kami akan membuat kantor di sini bila sesuai dengan masterplane,” ujar Hendy kepada wartawan.

Orang nomer satu di Kabupaten Jember ini menjelaskan, bila nanti desainnya dijadikan tempat wisata. Maka, dia ingin benar-benar menggunakan SDM yang mumpuni untuk menggarapnya sehingga nantinya para nelayan bisa dipekerjakan. Mengingat, sambung Hendy, 30% kemiskinan di Kabupaten Jember adalah masyarakat yang tinggal di pinggir pantai, sehingga mereka perlu dilindungi dengan menggunakan sebaik mungkin hasil lautnya.

Masalah pengusaha tambak yang menjamur di sepanjang pinggir Pantai mulai Kecamatan Puger hingga Kencong, Bupati Hendy menegaskan tidak akan mengusirnya. Ia berjanji akan memanggil semua untuk ditawarkan kerjasama bagi yang memiliki kelengkapan ijin. “Tapi kalau tidak akan kita tawarkan, tidak akan kami usir, mari bekerjasama dengan Pemkab. Kalau tidak mau, kami akan ambil posisi atau ini harus kita ambil alih. Tentunya siapapun mereka akan kita ajak kerjasama dan Pemkab perlu mengambil hasil laut untuk masyarakat,” ungkap Hendy.

Reporter: Robith Fahmi

Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga