Sabtu 06 Juni 2020

Mengintip Pelayanan Paripurna Dispendukcapil Jember

Oleh Redaksi, PUBLIS

Kantor Dispendukcapil Jember, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember memberikan beberapa pelayanan paripurna untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi kependudukan. Bahkan,
meski masih dimasa pandemi Covid-19 tetap memberikan pelayanan prima melalui sistem daring, baik aplikasi pesan WhatsApp, media sosial, hingga website.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gatot Triyono mengatakan, Dispendukcapil menyediakan beberapa nomor WhatsApp yang disesuaikan dengan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan KTP dan KIA melalui nomor 0811 3118 1185 dan untuk pengurusan KK dan surat pindah di nomor 0811 3118 1184. "Memerlukan akta kelahiran melalui nomor 0811 3118 1180," ujar Gatot Jum’at, 05 Juni 2020.

Jika perlu legalilsir dokumen adminduk, warga bisa ke nomor 0811 3118 1187. Kata dia, tidak sebatas pelayanan kebutuhan. Dispendukapil juga menyediakan nomor bila warga memiliki masalah data. Nomornya yaitu 0811 3118 1182. Selain itu, untuk pelayanan berbasis website juga disediakan, yakni dengan mengunjungi website layanan di alamat https://sipdispendukcapiljember.id

Gatot menjelaskan, bila kondisi masyarakat yang beragam membuat Dispendukcapil membuka layanan semi manual, yakni melalui kantor kecamatan setempat. Pemohon adminduk yang tidak memiliki ponsel android bisa mengajukan permohonannya melalui kantor kecamatan setempat. "Pemohon akan dilayani petugas kecamatan yang mengajukan permohonan adminduk melalui jaringan online Lahbako," katanya.

Masih Gatot, pelayanan di kantor Dispendukcapil di Jalan Jawa, dikhususkan untuk perekaman KTP-el serta layanan legalisir. Pelayanan tatap muka di kantor Dispendukcapil ini menerapkan protokol kesehatan. Pemohon dan petugas wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, maupun menjaga jarak satu meter saat mengantri. Petugas pun wajib melakukan pengecekan suhu badan pada pemohon yang datang. Sementara petugas perekam wajib menggunakan alat pelindung diri lengkap. (*).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga