Rabu 03 Februari 2021

Mbah Dimyati Tinggal di Rumah Mirip Kandang Ayam

Oleh Redaksi, PUBLIS

Mbah Dimyati duduk di kursi yang sudah jebol dan dijadikan tempat tidur olehnya saat malam hari, Doc: Fahmi/Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Namanya Dimyati, usianya sekitar 65 tahun, meski sudah renta namun Mbah berambut panjang dengan tubuh yang kurus melengking itu tetap terlihat sehat bugar.

"Alhamdulillah diparingi sehat tidak pernah sakit-sakitan," ujar Mbah Dimyati saat ditemui di rumahnya, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Selasa malam 2 Februari 2021.

Selama ini, Mbah Dimyati tinggal di rumah dengan kondisi memperihatinkan, mirip kandang ayam. Tembok rumahnya sudah jebol, lantainya dari tanah dan sampah berserakan di mana-mana.

Bahkan, kursi yang kadang dijadikan tempat tidurnya, dipenuhi kotoran ayam yang sudah mengering. Saat di rumahnya, Mbah Dimyati duduk ditemani seekor ayam di sampingnya.

Sebuah ruangan seperti bekas kamar sampai ditumbuhi semak belukar, genteng rumahnya bocor di mana-mana. Bila hujan malam hari, Mbah Dimyati terpaksa tidur di emperan belakanh rumah ponakannya.

Mbah Dimyati mengaku sudah pasrah dengan kehendak tuhan, kata dia, hanya bisa bersabar sebab dengan demikian bisa menenangkan hatinya.

Mbah Dimyati memiliki anak angkat. Namun, sudah berkeluarga dan tinggal dengan anak dan istrinya, "Kadang ke sini, namanya Patekul," ujar Toha, ponakan Mbah Dimyati.

Sebagai keponakan, Toha bukannya enggan merawat pamannya. Tapi, kata Toha memang pamannya enggan dirawat, "Jadi serba repot, hendak diurus tidak mau, tidak diurus saya dikiranya oleh orang tidak perhatian," ucap Toha.

Selama ini, sambung Toha, Mbah Dimyati belum pernah menerima bantuan dari pemerintah. Kemungkinan karena dia tidak memiliki KK dan KTP, hanya beberapa beberapa waktu lalu kata Toha sekelompok anak muda memberikan bantuan kepada Mbah Dimyati.

Soal makan, Mbah Dimyati mengaku makan dengan seadanya, baru bisa makan enak bila dapat berkat dari tetangga atau orang membawakan makanan ke rumahnya. (Fahmi)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga