Jumat 03 September 2021

Massa Menggruduk Acara, Muscab II IKA PMII Bondowoso Deadlock

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat massa menggruduk acara Muscab, Doc: Edi for Publis

PUBLIS.ID, BONDOWOSO - Massa dari berbagai alumni PMII datang menggruduk acara Musyawarah Cabang (Muscab) II Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Bondowoso sehingga berakhir deadlock. Pemicunya, lantaran panitia pelaksana dari awal ada indikasi melampaui batas kewenangan.

Sidang pun terpaksa dihentikan dan PW IKA PMII meng Caretaker PC IKA PMII Bondowoso, "Pembentukan panitia sudah tidak wajar dan legalitasnya dipertanyakan. Panitia dibentuk oleh PC IKA PMII Bondowoso yang masa jabatannya sudah habis," ujar mantan Ketua PC PMII Surabaya 2013-2014 Ahmad Zairudin kepada media, Jum'at 3 September 2021.

Zairudin menilai, panitia sudah bertindak di luar batas kewenangan, seperti membuat aturan yang bertentangan dengan AD/ART IKA PMII. Akibatnya, kata dia, kebijakan panitia tersebut  mendiskriminasi alumni muda yang mempunyai hak suara. Tidak hanya itu, kata Zairudin, yang membuat jengkel alumni, panitia bertindak membuat aturan syarat pendaftaran dengan harus membayar uang mahar 5 Juta yang juga tidak ada di dalam AD/ART.

"Bahkan jauh sebelum pelaksanaan Muscab IKA PMII Bondowoso telah banyak menuai sorotan miring dari beberapa alumni di beberapa medsos, di WhatsApp Group (WAG) maupun release beberapa media online," ungkap Zairudin.

Alumni UIN KHAS Jember, Lia Fujianti mengaku hak-haknya merasa didiskriminasi, sebab ada aturan yang dibuat panitia berupa pembatasan peserta sidang. "Panitia membatasi hanya 40 orang alumni dari 27 perguruan tinggi dan universitas," ujarnya.

Lia menilai, dari awal keberadaan panitia Muscab sudah tidak fair, hal itu terbukti panitia membuat aturan yang bukan kewenangan dan menabrak AD/ART IKA PMII. "Muscab IKA PMII Bondowoso ini menjadi preseden buruk di Bondowoso," tutupnya.

Sementara, Yoyok Zakaria PW IKA PMII Jawa Timur, menegaskan bahwa PC IKA PMII Bondowoso di Caretaker. "Kami akan ambil alih kepengurusan PC IKA PMII Bondowoso," terangnya singkat.

Kontributor: Edi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga