Minggu 12 Januari 2020

Makanan dan Minuman yang Ampuh Usir Flu Di Saat Musim Hujan

Oleh Redaksi, PUBLIS

Sup Ayam. (Photo: Istimewa).

PUBLIS.ID, Bandar Lampung - Pekan ini beberapa daerah di Indonesia sedang memasuki musim penghujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Cuaca saat musim hujan membuat kita tidak nyaman, biasanya daya tahan tubuh akan jadi berkurang berkurang karena suhu yang dingin dan penyebaran virus dan bakteri menjadi lebih aktif. Akibatnya berbagai macam penyakit bisa dengan mudah menyerang Anda. Salah satu penyakit yang sering muncul adalah flu. Meski dianggap sebagai penyakit ringan, flu bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.


Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang dipercaya dapat membantu anda mengusir flu:


1. Sayur Sup

Resep orang tua kita terdahulu ini dapat membantu menghangatkan tubuh dan dipercaya dapat meningkatkan kekebalan diri kita dari penyakit flu. Kuah panas pada sayur sup memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi gejala flu. Apalagi kalau pembuatannya menggunakan kuah kaldu ayam, maka akan menjadi senjata terbaik melawan pilek dan flu. Sayur sup kaldu ayam memberikan vitamin, protein, daya hidrasi serta mengandung antioksidan dan fitokimia yang membantu mempercepat pemulihan.


2. Teh Jahe

Teh jahe telah menjadi bagian dari jamu China selama lebih dari 2.000 tahun yang lalu, selain dipercaya sangat membantu menenangkan dan meredakan stres anda juga digunakan untuk meringankan masalah pencernaan dan mual. Sifat analgesik dan anti-peradangan Jahe juga dapat membantu meredakan sakit dan nyeri yang datang bersama flu.


3. Bawang Putih

Bawang memiliki zat yang dipercaya dapat menekan rhinovirus yang menjadi penyebab utama flu sebab mengandung salah satu sumber alami yang disebut quercetin. Bawang juga memiliki antioksidan yang berfungsi sebagai agen antibakteri dan antivirus yang dapat mempercepat proses penyembuhan individu yang menderita flu. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan aktivitas antibakteri dan antivirus pada bawang putih berasal dari senyawa allicin yang ditemukan pada saat bawang putih ini dihancurkan atau dipotong-potong.


4. Brokoli

Sayuran yang dibenci anak-anak ini kaya akan vitamin K, asam folat, dan antioksidan. Ada berbagai kandungan dalam brokoli yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga dianggap efektif dalam melawan berbagai macam bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit, salah satunya termasuk flu.


5. Kayu Manis

Dalam pengobatan tradisional masa lalu jika Anda menambahkan sepotong kayu manis atau menambahkan bubuk kayu manis ke dalam minuman hangat maka dipercaya dapat membantu menghangatkan tubuh anda.


Selain mengkonsumsi makanan dan minuman diatas cara paling cerdas adalah dengan banyak beristirahat, menyiapkan selimut agar tetap hangat dan banyak minum air. Tetap terhidrasi menjadi kunci bila mengalami flu, karena tubuh Anda kehilangan banyak cairan. (AMR).


Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga