Jumat 14 Agustus 2020

Mahasiswa Unej Ajari Siswa dan Guru Menggunakan Smartphone

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat Lukman mengajari siswa, Doc: Fahmi/Publis

PUBLIS.ID, PROBOLINGGO - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Jember (Unej) yang di pelosok desa Kabupaten Probolinggo, lebih banyak mengajar dan mendampingi guru dan siswa cara sekolah online.

Sebagaimana yang diceritakan Luqman, tempatnya KKN di pelosok desa, di mana guru dan siswa belum bisa menggunakan smartphone untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring, sebagaimana aturan pemerintah akibat pandemi Covid-19.

Luqman bersama temannya, kelompok KKN 60 Unej, di letakkan di daerah pelosok, tepatnya Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Luqman bercerita, semenjak virus Covid-19 masuk ke Indonesia tahun 2019 lalu, membawa dampak ke segala sektor kehidupan, khususnya bidang kesehatan dan pendidikan.

Di Desa Wangkal sendiri, lanjut Luqman, rata-rata mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian. Namun, ada juga yang merantau ke luar daerah akibat pandemi Covid-19.

Sehingga, sambung Luqman, mereka yang merantau tidak bisa kembali ke tempat kerjanya lantaran adanya seruan belajar dari rumah, dan tidak boleh masuk ke wilayah zona merah, seperti Setubundo.
 
"Berdasarkan permasalahan kondisi pendidikan secara online akibat pandemi covid-19 di Desa Wangkal, maka perlu dilakukan pemecahan masalah untuk membantu masyarakat Desa Wangkal agar pendidikan bisa berjalan lebih efektif meski dilakukan secara online," ajar Clarawati.

Pemecahan masalahnya, dilaksanakan dengan cara pendampingan secara intensif kepada guru dan siswa mengenai perkembangan teknologi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses belajar-mengajar.

"Guru dan siswa dikenalkan beberapa aplikasi yang dapat diakses menggunakan smartphone untuk membantu proses belajar-mengajar secara online yang bisa dilakukan dengan lebih mudah. "KKN kali ini, lebih banyak melakukan dampingan kepada guru dan siswa," ungkapnya. (*)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga