Rabu 21 April 2021

Legislator PKB Tanggapi Kritikan LSM 1001 Parit Inhil Soal Rusaknya Jalan Sungai Beringin

Oleh Redaksi, PUBLIS

Jalan Sungai Beringin yang rusak parah, Doc: Rhama Melo.

PUBLIS.ID, INHIL - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 1001 Parit Inhil menjadi buah bibir setelah menyoroti Jalan Sungai Beringin yang terletak di Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, sangat memprihatinkan.

Ketua LSM 1001 Parit Inhil, Anton mengatakan, selayaknya jalan yang menjadi akses transportasi sekaligus sebagai sarana untuk mempermudah masyarakat beraktivitas bisa dilalui tanpa hambatan. Namun, yang terjadi di Jalan Sungai Beringin justru sebaliknya.

"Jalan ini sudah rusak parah sehingga kendaraan sulit untuk berjalan, apalagi di musim hujan sepertinya banyak sumur seakan di sepanjang jalan," sindirnya, Kamis 15 April 2021.

Menanggapi komentar Anton yang banyak diberitakan media daring, Legislator PKB Provinsi Riau, Dani Nursalam berkilah bahwa jalan tersebut sudah ditangani Unit Pekerjaan IV Dinas Pekerjaan Umum (UPT-PU), Rabu 21 April 2021.

Hanya saja, kata Anggota DPRD dua periode ini, pekerjaan yang dilaksanakan oleh UPT IV PU, sekedar mengenai fungsional perbaikan atau pemeliharaan.

Dilain tempat, Sekretaris Kelurahan Sungai Beringin, Jazuli pun ikut memberi komentarnya terkait jalan tersebut. Ia mengaku kesulitan ketika menuju ke kantor kelurahan terlebih jika sudah musim hujan.

"Kami selaku pegawai bisa bisa sulit mau menuju ke tempat kerja, tidak jarang rekan sekantor jatuh ketika melewati jalan itu menuju kantor," ujarnya.

Sementara, Lurah Sungai Beringin Syahyar berharap problem di wilayahnya bisa menemukan solusi dan selayaknya mendapatkan perhatian.

Dikonfirmasi terpisah, Hardiman Kepala bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (Kabid BM PU) mengungkapkan, jalan berlubang di Jalan Sungai Beringin terdapat sepanjang kurang lebih 3 Km mulai dari Parit 16 sampai Parit 20.

Ia berkilah, jalan tersebut adalah akses jalan provinsi sehingga menjadi tanggung jawab pihak provinsi. "Semua ini tentu melalui proses, dan untuk pertama ini kami terlebih dahulu ke pemeliharaan yang berlubang, selanjutnya kami akan terus koordinasikan ke provinsi," tandasnya.

Hardiman, bersyukur sebab Jalan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan sudah ditangani oleh Dinas UPT IV PU Provinsi yang mana saat ini dalam proses perbaikan.

Reporter: Rhama Melo
Publiser: Robith Fahmi

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga