Senin 01 Maret 2021

Komisi IX Minta Pemuka Agama Edukasi Masyarakat Pentingnya Vaksin

Oleh Redaksi, PUBLIS

Komisi IX DPR RI Nur Yasin saat Serap Aspirasi menggandeng BPOM tentang Fortifikasi, Doc: Fahmi

PUBLIS.ID, JEMBER - Anggota Komisi IX DPR RI Nur Yasin minta para pemuka agama khususnya kiai untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya vaksin supaya terhindar dari virus Covid-19.

Hal tersebut dia sampaikan kepada Publis.id usai Serap Aspirasi (Reses) di Dira Balung, Senin 1 Maret 2021. Menurut Nur Yasin, kiai dan pemuka agama adalah panutan dan apa yang disampaikannya didengarkan serta diikuti orang banyak. "Bila mereka yang menyampaikan, mudah untuk menyadarkan masyarakat agar bersedia divaksin," ucapnya.

Legislator PKB ini juga bakal mengusulkan vaksinasi khusus untuk kader Nahdlatul Ulama (NU), terutama pesantren besar yang jumlah santrinya mencapai ribuan.

"Salah satunya seperti pesantren Sidogiri. Ini akan kami coba usulkan tapi vaksin ini kan ada kriterinya sendiri, semisal tempat vaksin harus ada ICU dan segala macamnya," ujarnya.

Namun demikian, sambung Nur Yasin, terlepas ada kriterianya, bakal tetap mengusulkan supaya vaksinasi cepat selesai sebab targetnya Desember 2021 harus selesai, bila prosesnya seperti saat ini tidak bakalan selesai.

Sebelumnya, Nur Yasin mengaku sempat menolak rencana adanya vaksin mandiri yang diusulkan pemerintah. Sebab kata dia, data penduduk Indonesia termasuk paling kacau sedunia.

Apalagi, vaksin ini akan dimasukkan ke dalam tubuh dan menyangkut hidup orang banyak, bila pemerintah menggunakan vaksin sinovac kemudian yang mandiri menggunakan vaksin lain bisa kacau.

"Saya kemudian setuju penggunaan vaksin mandiri dengan catatan ada aturannya sendiri, salah satunya semisal hanya memvaksin perkantoran dan lain sebagainya," terangnya.

Sebagai wakil rakyat, Nur Yasin mengaku di komisi sembilan sudah bekerja secara maksimal untuk masyarakat. Tahun ini, sudah ada Alat Kesehatan dan Obat-Obatan yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

"Jadi, dua yang sudah masuk Prolegnas tersebut sudah ada Panitia Kerjanya (Panja), ini sebagai bentuk pertanggung jawaban sebagai wakil rakyat yaa harus membela kepentingan rakyat," tandasnya.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga