Minggu 11 Oktober 2020

Ketua Asosiasi Cafe Malang Ajak Milenial Geluti Dunia Bisnis

Oleh Redaksi, PUBLIS

Ketua Asosiasi Cafe Malang Pramudito, Doc: Publis

PUBLIS.ID, MALANG - Ketua Asosiasi Cafe Malang Pramudito mengajak milenial untuk menggeluti dunia usaha guna membuka lapangan kerja baru dan membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.

Menurut Dito, sapaan akrabnya, menuju sumpah pemuda yang jatuh 28 Oktober mendatang, sudah selayaknya menjadi momen bagi milenial untuk bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung mereda, Minggu 11 Oktober 2020.

Pemuda yang juga aktif di Organisasi Pengusaha Kampus Malang ini, memberikan tips bisnis yang cocok dan sedang digandrungi kalangan milenial. Kata dia, generasi milenial sendiri sudah mulai mendominasi angkatan kerja di berbagai organisasi.

"Generasi milenial ini biasanya lebih aktif, lebih terbuka pola komunikasinya dan sangat bergantung dengan teknologi. Karena generasi milenial ini tumbuh di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih," ujar Dito.

Dito mengatakan bahwa ada 5 bisnis yang cocok untuk generasi milenial, pertama Cafe dan resto. Ia tidak memungkiri bahwa saat ini persaingan kafe ataupun coffee shop cukup ketat sebab mulai banyak orang yang tertarik membuka usaha seperti ini.

"Namun, jika dari segi konsep, menu makanan dan fasilitas yang dusuguhkan unik sangat memungkinkan hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bila ingin membuka kafe ataupun coffee shop, buatlah sesuatu yang bagus untuk di foto. Entah dari bentuk makanan dan minuman yang disuguhkan, atau dari interior toko yang instagramable," terangnya.

Kedua, sambung Dito, bisnis fotografi. Bisnis ini keuntungannya cukup besar. Karena, semakin banyak minat orang yang ingin mengabadikan setiap momen secara visual berupa foto yang menakjubkan.

Ketiga Event Organizers (EO), menurut Dito sekarang ini cukup banyak orang yang mencari Event Organizer (EO) dari berbagai macam organisasi ataupun bisnis untuk menyelenggarakan event mereka. "Ini sangat cocok untuk generasi milenial yang cenderung aktif, kreatif, memiliki banyak ide cemerlang dan banyak mengikuti organisasi," katanya.

Keempat Bisnis Crafting, bila menyukai hal-hal yang berbau kreatif dan cenderung suka membuat kerajinan tangan seperti membuat scrapbook, menyulam, membuat gelang, ataupun merangkai bunga, ini menjadi bisnis yang tepat untuk generasi milenial. Pemasarannya pun lebih mudah, bisa dimulai dari kerabat terdekat ataupun pasarkan melalui penjualan online.

"Bisnis Online Kaos, buat para Milenial ini sangat membantu apalagi saat pandemi Covid-19. Caranya, konsumen bisa memilih sendiri desain yang diinginkan, cara seperti ini cenderung lebih diminati sebab konsumen saat apalagi komunitas ingin membuat desain kaos yang sesuai keinginan mereka, ini kesempatan," ungkap Dito. (Fahmi).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga