Kamis 03 Juni 2021

Kemenkominfo RI Selenggarakan 1.251 Kegiatan Literasi Digital

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat kegiayan literasi digital berlangsung, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I.

Sebagaimana rilis yang diterima Publis, kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills), Kamis 3 Juni 2021.

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggungjawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia

Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024. Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten/Kota Jember.

Acara dimulai pukul 13.00 WIB secara virtual menggunakan platform Zoom. Acara dipimpin oleh Moderator, Muhammad Maftuh ,dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Dr. Sugeng Pujileksono M.Si, Retno Aulia Vinarti, S.Kom,M.Kom,Ph.D, Maria Advianty, Ulil Albab dan Praseno Nugroho (KOL). Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 160.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Indonesia Makin Cakap Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 160 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Ulil Albab adalah “Bagaimana strategi untuk membangun digital agency di era pandemi ini untuk pemula dan bagaimana cara membangun personal branding di media sosial?”. Dan pada saat itu Ulil Albab langsung memberikan jawaban Harus fokus pada pembicaraan pada suatu webinar dll.

Keterbatasan akses merupakan suatu problem dalam peluang baru di bisnis digital. Pentingnya membangun personal branding melalui portofolio seperti kemampuan kita dalam mempengaruhi orang lain, internet yang cakap produktif dan aktif.

Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan E- Certificate.

Dengan berakhirnya acara kegiatan webinar hari ini, moderator, para narasumber, praktisi dan juga seluruh peserta yang hadir diminta untuk berfoto bersama melalui platform zoom sebagai wujud apresiasi terhadap seluruh narasumber dan juga peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini.

Salah satu narasumber, Ulil Albab kepada Publis mengatakan, program literasi digital semacam ini sangat bermanfaat bagi masyarkat, agar penggunaan media digital kian cerdas dan bertanggung jawab.

"Semoga dengan adanya literasi digital ini, masyarakat semakin cerdas berdigital, terlebih dapat meningkatkan pengetahuan berdigital masyarakat Indonedia mulai sekarang dan di masa yang akan datang," pungkasnya.

Sumber: Pers Release
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga