Jumat 22 Oktober 2021

Kemenkominfo Kembali Menggelar Seminar Online Literasi Digital

Oleh Redaksi, PUBLIS

Seminar Online "Optimalisasi Pemanfaatan Dunia Digital bagi Perkembangan UMKM”, Dok. Pers Release Kemkominfo (Screenshot).

PUBLIS.ID, JEMBER - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar seminar online literasi digital. Kali ini, mengangkat tema "Optimalisasi Pemanfaatan Dunia Digital bagi Perkembangan UMKM”.

Sebelumnya, Kemenkominfo juga menggelar seminar online literasi digital dengan tema yang berbeda. Bahkan, hampir setiap hari selama Pandemi ini Kemenkominfo menggelar seminar online di setiap kabupaten/kota di wilayah Indonesia.

Kali ini, narasumber yang dihadirkan merupakan Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Drs. H. M. Syaiful Bahri Anshori, M.P, ikut menjadi narasumber Prof. Henri Subiakto, yang merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNAIR (Universitas Airlangga) dan Ulil Albab dari Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), Jumat 22 Oktober 2021 melalui platform zoom meeting.

Berdasarkan Pers Release yang diterima Publis, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Kemenkominfo terhadap peningkatan literasi digital di Indonesia yang telah diikuti oleh berbagai komponen masyarakat. Dalam sambutannya, Syaiful Bahri hanya mengimbau agar masyarakat memanfaatkan teknologi dalam segala aspek, khususnya pada perkembangan UMKM.

Sementara Prof. Henri menyampaikan terkait pentingnya pelaku usaha mengoptimalkan penggunaan teknologi dan juga meningkatkan literasi digital, sehingga bisnis yang dikerjakan dapat bertahan dan berkembang di era digital.

Relawan TIK, Ulil mengatakan, mindset, action, insight, dan focus dalam melakukan bisnis di dalam dunia digital. Penggunaan analisis data melalui opini publik juga suatu hal yang penting dalam mengevaluasi bisnis yang dikerjakan.

Setelah paparan materi selesai, moderator membuka sesi tanya jawab yang diikuti oleh 120 peserta dan dihadiri 30 peserta. Pada sesi closing statement, Syaiful Bahri melalui perwakilannya mengingatkan pentingnya untuk selalu mengasah kecakapan digital untuk perkembangan bersama.

Sementara Prof Henri memberikan closing statement dengan menegaskan bahwa Indonesia harus menjadi Negara yang maju dalam hal penggunaan teknologi dan hal tersebut dapat diawali dengan selalu belajar menggunakan teknologi digital dengan fasilitas yang ada.

Sumber: Pers Release
Publiser: Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga