Kamis 18 Februari 2021

Kejari Jember Musnahkan Ribuan Barang Bukti, Sebagian Dilelang

Oleh Redaksi, PUBLIS

Pemusnahan barang bukti di depan kantor Kejari Jember, Doc: Fahmi for Publis.id

PUBLIS.ID, JEMBER- Kejaksaan Negeri Jember (Kejari), memusnahkan ribuan Barang Bukti (BB) berupa pil Koplo 69.354 butir dan Sabu-Sabu 8,9 gram, pil Dextro 73.143 butir, uang palsu 2,1 juta, Handphone, Senjata Tajam dan Cosmetic.

Pemusnahan BB dari 74 kasus kejahatan yang sudah ingkrah tersebut dilakukan di halaman Kejari Jember bersama Forkopimda, diantaranya Plh Bupati Jember Hadi Sulistyo, Danyonif Raider 509 Kostrad Letkol. Inf. Syafrinaldi, Kasatlantas Polres Jember AKP. Jimmy Heriyanto H Manurung, Kasatreskoba Polres Jember AKP. Dika Hadiyan Wiratama

Kepala Kejaksaan Negeri Jember (Kajari) Prima Idwan Mariza mengatakan, tidak semua BB yang ada di kejaksaan dilakukan pemusnahan, ada beberapa BB yang tidak dimusnahkan sebab masih bisa dilakukan pelelangan, "Hasil dari lelang, uangnya akan dimasukkan ke dalam kas negara," ujarnya Kamis 18 Februari 2021.

Prima mengatakan bahwa pemusnahan BB di kantor Kejari, merupakan hal biasa yang dilakukan secara berkala, untuk Kejari Jember sendiri pemusnahan dilakukan dalam rentang waktu 3 sampai 6 bulan. Hari ini, memusnahkan BB dari 74  kasus kejahatan yang sudah ingkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap yang sudah diputus pengadilan.

Hal tersebut dilakukan sebab kata Prima barang bukti tersebut sudah tidak berfaidah, sehingga bila dibiarkan di dalam gudang, dikhawatirkan rusak atau hilang.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga