Kamis 25 Juni 2020

Kejaksaan Tegaskan Informasi Pemeriksaan Bupati Jember Hoax

Oleh Redaksi, PUBLIS

Mobil pribadi Bupati Jember dr. Faida MMR saat parkir di depan pintu kantor Kejaksaan Negeri Jember, Doc: istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Salah satu media daring berusaha mengait-ngaitkan kedatangan Bupati Faida ke Kejaksaan Negeri Jember dengan kasus pasar Manggisan, dengan melakukan framing bahwa kedatangan Bupati Faida dalam rangka pemeriksaan.

Namun, tidak berselang lama, kejaksaan memberikan keterangan bahwa informasi dari media daring tersebut adalah hoax, “Bupati hadir untuk silaturahim. Biasa itu, antar Forkompimda,” kata Kasi Intel Kejari Jember, Agus Budiarto, Kamis 25 Juni 2020.

Silaturahim tersebut ditemui langsung Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember, Prima Idwan Mariza. Sempat tersiar kabar, kehadiran bupati ke Kejari Jember, juga akan dihari Ketua DPRD Jember secara bersamaan, Itqom Syauqi. Namun kabar itu belum terkonfirmasi ke yang bersangkutan.

Karena Ketua DPRD tidak datang, Bupati Faida akhirnya menanfaatkan kesempatan tersebut dengan menyaksikan sidang online kasus Tipikor di Kejari Jember. Selama masa pandemi, persidangan Tipikor digelar secara daring. “Bupati sempat meninjau persidangan online di kejaksaan,” ucapnya.

Bahkan, Bupati Faida juga menyempatkan melihat langsung protokol kesehatan Covid-19 di dalam kantor korps adhyaksa. “Beliau (Bupati, Red) juga sempat diskusi tentang refocusing APBD Jember untuk Covid-19. Karena Kejari Jember ikut pendampingan refocusing,” imbuhnya.

Soal kedatangan Bupati Faida ke kantor Kejari Jember, dikait-kaitannya dengan kasus korupsi Pasar Manggisan yang kini memasuki masa persidangan, Agus memastikan info tersebut hoax. “Tidak benar. Tidak ada pemeriksaan,” tegasnya.

Kejaksaan menyayangkan media sebarkan informasi media, bahwa Bupati Faida diperiksa di kejaksaan. Sebab faktanya, Bupati Faida hadir ke kantor Kejari Jember, hanya untuk silaturahmi, konsultasi refocusing dana Covid-19, hingga berkesempatan melihat persidangan daring, sampai ikut memantau protokol kesehatan di kantor Kejari Jember. (*)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga