Senin 24 Mei 2021

Hasanudin Wahid Manfaatkan Momen Halal Bi Halal untuk Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Oleh Redaksi, PUBLIS

Hasanudin Wahid saat sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Doc: Fahmi for Publis

PUBLIS.ID, MALANG - Anggota DPR RI Hasanudin Wahid manfaatkan momen hari raya Idul Fitri untuk halal bi halal sekaligus sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan warga Dusun Karangmloko, Desa Dadaprejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

"Karena sekarang masih momen hari Raya Idul Fitri, saya pribadi mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin," ujar Cak Udin, sapaan akrab Hasanudin Wahid saat memulai acara sosialisasi, Sabtu 22 Mei 2021.

Saling memaafkan dan silaturrohmi, kata Cak Udin, salah satu budaya untuk menjaga empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, karena saat ini masih masa pandemi, anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) ini berharap silaturrohmi dilakukan lewat telephone.

"Insyaallah, lewat telephone tidak akan mengurangi nilai silaturrohmi dan rasa kekeluargaannya," pungkasnya. Menurutnya, dengan silaturrohmi secara tidak langsung mengaplikasikan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Bukan hanya silaturrohmi dengan yang seiman. Tapi, lanjut Cak Udin, dengan semuanya, baik dengan yang berbeda agama, beda suku maupun beda warna kulitanya. "Semuanya harus terjaga dengan baik, dengan keutuhan demikian maka NKRI akan tetap terjaga dan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara serta UUD 1945 sebagai konstitusi negara tetap menjadi pedoman kita semua," ungkapnya.

Bhineka Tunggal Ika, NKRI, Pancasila dan UUD 1945, sambung Cak Udin, semua itu yang disebut empat pilar kebangsaan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya pada momen hari raya. Tapi, dalam kehidupan seperti biasanya, Cak Udin berharap tetap diterapkan untuk menjaga keutuhan dan meningkatkan tolenransi antar sesama.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga